Eksklusif Tribun Jabar

Fungsi Gedung Promosi UKM Milik Pemprov Jabar Belum Optimal, Banyak Dipakai Resepsi Nikah

Selain Kota Bandung, Prmprof Jawa Barat juga memiliki sejumlah gedung untuk promosi atau displai produk-produk UMK. Fungsinya belum optimal

Fungsi Gedung Promosi UKM Milik Pemprov Jabar Belum Optimal, Banyak Dipakai Resepsi Nikah
Tribun Jabar
Gedung Promosi miliki Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, yang berlokasi di kawasan sentra industri tekstil dan produk tekstil Cigondewah, sepi dari kegiatan. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Selain Kota Bandung, Prmprof Jawa Barat juga memiliki sejumlah gedung untuk promosi atau displai produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Namun kondisinya kurang lebih sama dengan gedung promosi Kota Bandung di sentra tekstil Cigondewah.

Pejabat Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat, mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki gedung dan ruang khusus sebagai displai atau pemasaran produk koperasi dan usaha kecil asal Jawa Barat.

Fungsinya pun terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Pemprov Jabar, katanya, memiliki gedung showroom produk koperasi dan usaha kecil khusus kerajinan di Gedung Dekranasda yang sudah dibenahi dan terletak di kawasan strategis, yakni Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung. Beberapa hari lagi, nama baru gedung yang disayembarakan ini pun diumumkan.

"Di Dekranasda sudah ada displai khusus kerajinan. Gedungnya sudah ditata bagus dan tinggal nanti ada nama barunya. Memang terus kami benahi," kata Dudi saat dihubungi Tribun, Rabu (13/2).

Gedung Promosi Kota Bandung Sepi Acara, Lokasi Jauh dari Pusat Kota, Transportasi Umum Sulit

Dudi mengatakan, Pemprov Jabar pun memiliki Gedung Sentral Bisnis Usaha Kecil dan Menengah (Senbik) di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung. Untuk meningkatkan kegiatannya, pihaknya telah bekerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopindo).

"Memang belum optimal, lebih sering dipakai acara resepsi pernikahan. Kami harap setelah dikerjasamakan, semakin banyak kegiatan koperasi dan usaha kecil di sana," katanya.

Menurut Dudi, kegiatan yang rutin digelar di antaranya gelar produk wirausaha baru, pembinaan usaha, dan pelatihan manajemen bisnis. Kegiatan ini dikerjasamakan dengan berbagai pihak, seperti akademisi dan usahawan lainnya.

Even atau pameran, katanya, tidak selalu dilaksanakan di gedung aset Pemprov Jabar, tetapi digelar di pusat perbelanjaan di Bandung serta kota dan kabupaten lainnya di Jabar. Bahkan, sampai luar provinsi dan luar negeri.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved