Tergusur Proyek Sungai Cikijing, Lahan Makam di Bojongloa Rancaekek Dipindahkan

Proyek pekerjaan peningkatan kapasitas Sungai Cikijing, membuat sejumlah makam yang berada di Kecamatan Rancaekek harus dipindahkan.

Tergusur Proyek Sungai Cikijing, Lahan Makam di Bojongloa Rancaekek Dipindahkan
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Lokasi bekas makam di Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Proyek pekerjaan peningkatan kapasitas Sungai Cikijing, membuat sejumlah makam yang berada di Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, harus dipindahkan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, sebanyak 98.360 meter persegi dengan panjang 2.675 meter lahan di Desa Bojongloa, dibebaskan untuk kebutuhan proyek peningkatan kapasitas Sungai Cikijing.

Beberapa makam yang belum lama ini dipindahkan oleh masyarakat ke salah satu lokasi tidak terdampak, adalah makam yang berada di ujung barat Kampung Babakan Jawa dan berada di tengah permukiman warga.


Jumlah makam yang berada di tengah permukiman warga tersebut, sebanyak tiga orang, yakni atas nama Asih, Sahri, dan Yuyun, ketiganya telah dipindahkan pada akhir Januari 2019 oleh warga.

Warga sekitar, Budi (36), mengatakan, ketiga makam orang terdahulu tersebut dipindahkan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Lembang Jambe yang berada 300 meter dari lokasi makam sebelumnya.

"Dipindahkan sudah tulang berulang, karena itu makam buyut warga di sini," kata Budi kepada Tribun Jabar di Kampung Babakan Jawa, Kecamatan Rancaekek, Kamis (21/2/2019).

Dari pantauan Tribun Jabar, lokasi bekas makam saat ini tertutup material bangunan berupa pasir dan puing bangunan, karena di sekitar lokasi makam ada tiga rumah tengah dilakukan renovasi.

Xiaomi Mi 9 Resmi Diperkenalkan, Dipersenjatai Kamera 48 Megapiksel, Ini Harga dan Spesifikasinya

Diketahui, lokasi bekas makam tersebut akan menjadi sempadan Sungai Cikijing yang menyambung dengan Sungai Citarik, dan mengalir langsung ke Sungai Citarum.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved