Eka Sastra Layangkan Surat ke Kemenhub Minta Jalur Puncak Dibuka Kembali untuk Bus Pariwisata

Anggota DPR RI Komisi VI Eka Sastra, secara resmi telah melayangkan surat ke Kementerian Perhubungan terkait aspirasi para pemilik hotel

Eka Sastra Layangkan Surat ke Kemenhub Minta Jalur Puncak Dibuka Kembali untuk Bus Pariwisata
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Jalur Puncak Cianjur-Bogor mulai dibuka untuk kendaraan kecil roda empat, Senin (19/2/2018) pukul 13.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Anggota DPR RI Komisi VI Eka Sastra, secara resmi telah melayangkan surat ke Kementerian Perhubungan terkait aspirasi para pemilik hotel dan pengelola wisata yang 'menjerit' omzet turun karena pengunjung menurun akibat penutupan bus di jalur Puncak.

Eka mengatakan, isi surat yang dilayangkan kepada Kementerian Perhubungan, tak lepas dari aspirasi warga pelaku ekonomi mulai dari pemilik hotel sampai dengan pedagang emperan.

"Saya sampaikan aspirasi dari para pengusaha hotel dan pedagang UKM di Cianjur, mohon kiranya agar Kemenhub dapat membuka kembali jalur transportasi yang dapat dilalui oleh bus besar khususnya bus pariwisata sehingga dapat menghidupkan kembali sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Cianjur," ujar Eka, Kamis (21/2/2019).

Menurut Eka, pembukaan jalur akan kembali menggerakan roda perekonomian. Ia mengatakan surat tersebut sebagai bentuk tanggungjawab dalam menyampaikan aspirasi dari daerah.

"Intinya kami merespons aspirasi para pengusaha hotel dan para pedagang kecil yang omsetnya menurun drastis pasca bencana longsor di jalur puncak dan ditutup nya jalur bus ke arah Cianjur," ujar Eka.

Jamblang Jadi Kawasan Wisata Bangunan Tua, Bisa Jadi Destinasi Wisata Seperti Kota Tua Jakarta

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR RI, Eka Sastra, menerima sejumlah aspirasi dari para pemilik hotel, pengelola wisata, dan pelaku ekonomi di kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Mereka 'menjerit' karena turunnya kunjungan yang menopang biaya operasional. Beberapa hotel yang tak mampu menggaji karyawan terpaksa bersengketa dan saat ini permasalahannya ditangani Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cianjur.

Jumlah yang ditangani saat ini ada tiga dan diperkirakan akan terus bertambah jika kondisi ekonomi kawasan Cipanas terus menurun.

Ketimbang Kembali ke Persija Jakarta, Fabiano Beltrame Disebut Lebih Memilih Gabung Persib Bandung

Bukan hanya kelas kakap para pemilik hotel, penjual emperan sampai pedagang kue gemblong di pinggir jalan juga kena imbasnya. Pascalongsor setahun lalu, pemerintah pusat belum juga memberlakukan pembukaan jalur untuk bus dan bus pariwisata.

Hal tersebut dinilai sangat berdampak kepada tingkat kunjungan yang semakin merosot.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved