Hoaks Ibarat Virus yang Sulit Dikendalikan, Kodim 0608 Cianjur Bantu Polisi Bentuk Tim Anti Hoaks

Hoaks ibarat virus yang bila terjangkiti akan sulit dikendalikan. Hal ini dikatakan Komandan Kodim 0608 Cianjur Letkol Infanteri Rendra Dwi Ardhani

Hoaks Ibarat Virus yang Sulit Dikendalikan, Kodim 0608 Cianjur Bantu Polisi Bentuk Tim Anti Hoaks
TRIBUN JABAR/FERRI AMIRIL MUKMININ
Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani di lapangan Kodim 0608 Cianjur, Rabu (20/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Hoaks ibarat virus yang apabila sudah terjangkiti akan sulit mengendalikannya. Hal tersebut dikatakan Komandan Kodim 0608 Cianjur Letkol Infanteri Rendra Dwi Ardhani, saat mengajak jurnalis Cianjur dan sejumlah organisasi kepemudaan untuk mendeklarasikan perang terhadap hoaks, di lapangan Kodim 0608 Cianjur, Rabu (20/2/2019).

"Hoaks itu ibarat virus yang susah dikendalikan apabila sudah menular, begitu menyebar dengan mudah dalam hitungan menit sudah sampai ke berbagai pelosok," ujar Rendra.

Ia mengatakan sudah menjadi tugas bersama TNI dan warga untuk memerangi hoaks. Ia mengatakan, saat ini bersama elemen warga Cianjur lainnya ingin memerangi hoaks yang sering terjadi di sekitar.

Santri di Cianjur Bantu Tugas Bawaslu, Hasil Pemetaan Ada Beberapa TPS Rawan Kecurangan

"Ini tak baik untuk generasi muda, jika sudah masuk maka akan meracuni dan merusak. Selama ini hoaks bukan hanya di Cianjur, namun bergerak aktif melalui media sosial, semua berita musim politik sekarang harus pandai menyaring berita," katanya.

Menurutnya, satu cara termudah jika menerima hoaks adlah dengan menu atau tolak dan jangan dibaca.

Rendra mengajak semua warga untuk mengantisipasi berita di medsos yang provokatif dengan mencari informasi kebenarannya.

Rendra mengatakan, di kalangan Kodim 0608 ia sudah membentuk tim untuk membantu pihak kepolisian dalam mencari pelaku hoaks di Cianjur.

"Kami bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menangkap pelaku hoaks, ada tim yang khusus untuk menanggulangi hoaks di lingkungan Kodim 0608, kalau kami bertemu dengan pelaku hoaks maka kami teruskan kepada rekan di kepolisian," ujarnya.(fam)

Penyuap Bupati Cirebon Divonis Penjara 1 Tahun 2 Bulan, Tuntutan Uang Pengganti Rp 100 Juta Ditolak

Link Live Streaming Timnas U-22 Indonesia Vs Malaysia Tanding Sore Ini Indra Sjafri Tak Anggap Remeh

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved