Pemkab Cirebon Tahun 2019 akan Berikan Perhatian Khusus kepada Nelayan

Pemkab Cirebon pada tahun 2019 akan memberikan perhatian khusus kepada para nelayan.

Pemkab Cirebon Tahun 2019 akan Berikan Perhatian Khusus kepada Nelayan
Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Sarom 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemkab Cirebon pada tahun 2019 akan memberikan perhatian khusus kepada para nelayan.

Pasalnya, banyak nelayan di Kabupaten Cirebon yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Belum lagi dari segi tempat tinggalnya, yang cenderung kurang terawat. Sehingga dibutuhkan peran serta dari pemerintah untuk bisa memberikan pendapatan lebih kepada para nelayan.

“Ada beberapa yang kita ajukan, diantaranya sekarang ini ada perbaikan desa-desa nelayan. Yang akan kita lakukan di tahun 2019 ini, di desa Ambulu, Kecamatan Losari,” kata Penjabat Bupati Cirebon, Dicky Saromi, saat ditemui di Setda Kabupaten Cirebon, Selasa (19/2/2019).

Menurutnya, nelayan di desa tersebut masih memiliki kekurangan dari segi sanitasinya. Maka dengan hadirnya pemerintah dalam memberikan perhatian, desa tersebut akan diperbaharui dan akan lebih baik dari segi sanitasinya.

“Bukan hanya Ambulu, nanti tempat-tempat lain juga akan kita lakukan,” tambahnya.

Saat ini, aktivitas nelayan di Kabupaten Cirebon masih belum memiliki sarana peralatan yang memadai. Makanya, perhatian selanjutnya, Pemda akan memberikan bantuan peralatan.

Untuk mewujudkannya, Pemda memang tidak bisa bekerja sendiri dengan menggunakan anggaran dari APBD saja. Akan tetapi akan memaksimalkan peran serta dari pihak ke-3, agar bisa menyalurkan bantuannya dalam bentuk CSR.

Begini Kata Kepsek SMPN 2 Bandung tentang Tudingan Pungli untuk Membuat Taman Sekolah

Kemudian, dari segi permodalannya, Pemda sudah bekerjasama dengan Bank Jabar untuk bisa memfasilitasi serta menyalurkan kreditnya dan tidak kalah pentingnya dengan melibatkan BUMDes di setiap desa.

Menurutnya, ketika aspek peralatan dan permodalan sudah terpenuhi, kehidupan nelayan akan bisa berangsur lebih baik. Akan tetapi, untuk meningkatkannya, dibutuhkan 3 hal.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved