77 Lulusan STIKes Dharma Husada Bandung Menjalani Wisuda di Pusdai Jabar

Sebanyak 77 lulusan STIKes Dharma Husada Bandung mengikuti prosesi sidang senat terbuka, dalam rangka pengukuhan wisuda ke-14

77 Lulusan STIKes Dharma Husada Bandung Menjalani Wisuda di Pusdai Jabar
TRIBUN JABAR/CIPTA PERMANA
Ketua STIKes Dharma Husada Bandung, Dr Hj Suryani Soepardan, MM mengukuhkan gelar wisuda kepada salah seorang lulusan, dalam prosesi wisuda ke-14 gelombang dua, tahun akademik 2018, di Aula Serba Guna Pusdai Jabar, Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Selasa (19/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 77 orang lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Dharma Husada Bandung mengikuti prosesi sidang senat terbuka, dalam rangka pengukuhan wisuda ke-14 gelombang dua tahun akademik 2018, di Aula Serba Guna Pusdai Jawa Barat, Jalan Dipenogoro, Bandung, Selasa (19/2/2019). 

Ketua pelaksana wisuda, Yanti Herawati mengatakan, para wisudawan berasal dari tiga bidang program studi, yaitu  Sarjana Keperawatan, Sarjana Profesi Ners, dan Magister Terapan Kebidanan.

"Prosesi wisuda kali ini menjadi yang pertama bagi para lulusan dari prodi Magister Terapan Kebidanan. Apalagi STIKes Dharma Husada Bandung menjadi institusi pendidikan pertama yang memiliki prodi baru ini di Jawa Barat. Selain itu sebagian lulusanya pun berasal dari berbagai wilayah di luar Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan pulau lainnya di Indonesia," ujarnya.

Yanti menambahkan, meskipun menjadi angkatan pertama dalam prosesi wisuda Magister Terapan Kebidanan, namun seluruh alumninya tersebut dipastikan telah terserap dalam dunia kerja.

Terlebih tenaga kerja dari profesi tersebut, kini menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi kesehatan di dalam maupun luar wilayah Kota Bandung, sehingga sejak sebelum lulus pun, berbagai perusahaan layanan kesehatan telah melakukan perekrutan langsung.

"Selain wisudawan dari prodi Magister Terapan Kebidanan, prodi lainnya pun sebagian besar telah bekerja, termasuk lulusan prodi D3 profesi refraksi optisi. Bahkan, total keseluruhan alumni kami telah mencapai 5.474 orang. Karena selain mahasiswa reguler tetapi disini ada juga ada mahasiswa yang memang dikirim langsung oleh institusi, jadi saat begitu lulus mereka langsung bekerja," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STIKes Dharma Husada Bandung, Dr Hj Suryani Soepardan MM mengatakan, STIKes Dharma Husada Bandung saat ini tengah berbenah menyonsong era revolusi industri 4.0.

Pembenahan yang dilakukan, di antaranya menerapkan penyelenggaraan pendidikan dan profesi, yang berpedoman pada peraturan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti); serta menerapakan kurikulum pengajaran berbasis digitalisasi online, sehingga metode perkuliahan para mahasiswa dan dosen dapat dilakukan dengan pola pembelajaran jarak jauh atau e-learning.

Sementara bidang aspek penguatan kompetensi sumber daya manusia, pihaknya telah melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen dengan berbagai peguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

Selain itu dalam upaya memenuhi aspek tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pihaknya terus mendorong para mahasiswa dan dosen untuk mampu membuat sebuah proyek hasil karya pengembangan penelitian, dengan memanfaatkan kemajuan dari teknologi, komunikasi, dan informasi, salah satunya dengan membuat piktogram digital dan pompa ASI elektrik.

"Intinya kami terus mengembangkan inovasi melalui beberapa hasil karya  produk yang mampu memberikan manfaat sesuai kebutuhan perkembangan zaman bagi masyarakat, khususnya dalam hal upaya menurunkan penyebab kematian ibu dan anak," katanya. (Cipta Permana).

Hadapi Debat Pilpres Ketiga, Maruf Amin Bicara Soal Saling Serang dan Minta Sandiaga Tidak Sungkan

Maskapai Amerika Serikat Akan Tambah Opsi Gender Baru saat Penumpang Pesan Tiket

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved