Breaking News:

HUT Tribun Jabar

Ultah ke-14 Tribun Jabar, Menjaga Amanah Pembaca

Untuk mempertahankan ekesistensi Tribun Jabar, berbagai inovasi mulai dari penyajian liputan yang serasi dan sejalan dengan kebutuhan pembaca

Penulis: Tatang Suherman | Editor: Kisdiantoro
Tribunjabar.id/Kisdiantoro
Pemimpin Redaksi Tribun Jabar Tatang Suherman dan Logo HUT ke-14 Tribun Jabar. 

Oleh Tatang Suherman, Pemimpin Redaksi Tribun Jabar

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Suatu hari di ruang tunggu penumpang Stasiun Kereta Api Bandung, seorang pria muda tengah asyik membaca koran Tribun Jabar.

Ada rasa bangga karena pemandangan seperti ini, beberapa tahun terakhir sudah tidak banyak lagi ditemukan di tempat publik seperti ini.

Kebanyakan mereka lebih senang bermain handphone. Entah menonton Youtube, bermain game, atau sibuk ngobrol lewat aplikasi pesan.

Kondisi ini berbeda dengan 10 tahun lalu di mana di tempat-tempat publik para sopir taksi, sopir angkot, atau tukang ojek pun membaca koran sambil menunggu penumpang. Seiring dengan menjamurnya portal online dan media sosial maka pelan-pelan media cetak mulai ditinggalkan.

Koran Tribun Jabar merasakan bagaimana proses berkurangnya pembaca media cetak yang beralih ke media digital. Yang paling terasa dan terlihat dengan kasat mata adalah kaum milenial yang kebanyakan tidak sama sekali menyentuh koran print.

Mampu Tahan Imbang Persib Bandung di Kandangnya, Begini Kata Pelatih Arema FC

Melihat kenyataan ini, kami --seluruh kru Tribun Jabar-- tidak tinggal diam. Keprihatinan terhadap menurunya tiras koran cetak tidak boleh menurunkan semangat.

Menyimak ucapan CEO New York Times Mark Thompson yang menyatakan bahwa media cetak akan bertahan hidup satu dekade lagi, justru memecut kami untuk terus berinovasi dengan harapan usia media cetak tidak satu dekade, melainkan terus hidup.

Untuk mempertahankan ekesistensi Tribun Jabar, berbagai inovasi mulai dari penyajian liputan yang serasi dan sejalan dengan kebutuhan pembaca, sampai tampilan wajah mulai dari halaman 1 (etalase) sampai halaman dalam disempurnakan.

Dengan cara lebih mendekatkan diri kepada pembaca, kami tetap mendapat tempat di masayarakat Jawa Barat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved