Pilpres 2019

Apa Itu Revolusi Industri 4.0? Disinggung Saat Debat Capres, Jokowi dan Prabowo Punya Pandangannya

Baik Jokowi maupun Prabowo Subianto, sama-sama berbicara mengenai masa depan industri 4.0.

Apa Itu Revolusi Industri 4.0? Disinggung Saat Debat Capres, Jokowi dan Prabowo Punya Pandangannya
Pixabay.com
Ilustrasi revolusi industri 4.0. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Istilah revolusi industri 4.0 disinggung-singgung dalam debat capres, Minggu (18/2/2019) malam di Jakarta. Baik Jokowi maupun Prabowo Subianto, sama-sama berbicara mengenai masa depan industri 4.0.

Saat mendapat pertanyaan mengenai revolusi industri 4.0, Jokowi mengatakan dia sangat yakin pada persiapan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Jokowi yakin pembangunan SDM dapat menyiapkan Indonesia menuju revolusi industri 4.0.

"Perlunya petani diperkenalkan pada marketplace sehingga mereka bisa berjualan secara online, sehingga hubungan antara konsumen dengan petani semakin dekat," ujar Jokowi saat debat capres, dikutip Tribun Jabar dari Kompas.com, Senin (18/2/2019).

Sementara itu, saat menanggapi pernyataan Jokowi, Prabowo Subianto mengatakan, kita harus memahami dahsyatnya perkembangan industri 4.0.

Pasalnya, kata dia saat debat capres, revolusi industri 4.0 bisa berdampak pada ribuan pekerja.

"Kita sama-sama memahami dahsyatnya perkembangan industri 4.0 yang akan datang dengan AI, robotik, ini akan berdampak satu pabrik yang biasanya punya ribuan pekerja bisa diganti dengan robot dan hanya membutuhkan kurang dari 50 orang bekerja. Tapi inti yang ingin saya sampaikan, kita bicara industri 4.0, kita sekarang belum bisa membela petani kita sendiri. Ini yang kita masalahkan," ujar Prabowo Subianto saat debat capres.

Fadli Zon Sebut Jokowi Menyampaikan Data yang Tidak Akurat di Debat Capres

Terlepas dari pandangan Jokowi dan Prabowo Subianto, sebenarnya apa itu revolusi industri 4.0?

Dilansir Tribun Jabar dari Tribunnews.com, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto pernah menjelaskan mengenai revolusi industri 4.0 itu.

Secara umum, revolusi industri 4.0 dapat diartikan sebagai perubahan sektor industri di dunia yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi serta internet (internet of things).

Halaman
12
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Fidya Alifa Puspafirdausi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved