Warga Berharap Ada Jembatan Baru, Takut Tercebur ke Sungai Cikeruh Jika Lalui Jembatan Lama

Warga berharap ada jembatan baru di atas Sungai Cikeruh yang menghubungkan Kampung Ciluncat-Kampung Sindangwargi.

Warga Berharap Ada Jembatan Baru, Takut Tercebur ke Sungai Cikeruh Jika Lalui Jembatan Lama
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Jembatan di perbatasan antara Kampung Ciluncat, Desa Tegal Sumedang, Kecamatan Rancaekek dan Kampung Sindangwargi, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (15/2/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNAJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kecamatan Rancaekek serta Kecamatan Cileunyi mengharapkan dibangun jembatan baru di atas Sungai Cikeruh karena jembatan lama dianggap berbahaya dan beberapa kali menyebabkan kecelakaan.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, jembatan lama berada di perbatasan antara Kampung Ciluncat, Desa Tegal Sumedang, Kecamatan Rancaekek dan Kampung Sindangwargi, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi.

Jembatan yang hanya memiliki lebar satu meter ini, dilapisi material beton, dan di sampingnya hanya memiliki rangka besi panjang, tanpa tiang penyangga.

Memiliki lebar sekitar satu meter, warga yang hendak melintas menggunakan kendaraan roda dua tidak bisa melintas bersamaan dan harus bergantian.

Tidak ada tiang pembatas di sisi jembatan membuat warga dari kedua desa yang melintasi jembatan ini pun tampak berhati-hati menghindari terperosok ke aliran Sungai Cikeruh.

Warga Kampung Sindangwargi, Popon (65), mengatakan, seharusnya pemerintah membuat jembatan di sekitar jembatan lama atau memperbaiki jembatan kecil tersebut.

"Jembatan kayak gitu, tidak ada tiang pembatasnya juga, takut," kata Popon kepada Tribun Jabar di sekitar jembatan, Jumat (15/2/2019).

Popon mengatakan, yang lebih berbahaya saat melintasi jembatan tersebut yakni waktu volume air Sungai Cikeruh mengalami peningkatan.

"Bahaya juga, apalagi di situ, kan, dekat sekolah, anak kecil juga suka lewat situ. Mohon segera diperbaiki," katanya.

Meski Kondisinya Berbahaya, Jembatan Penghubung Rancaekek dan Cileunyi Tiap Hari Dilintasi Warga

Jembatan Rancaekek-Cileunyi Kerap Makan Korban, Sempit dan Tak Ada Tiang Pembatas

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved