2.929 Surat Suara Pilpres di Kota Tasikmalaya Tidak Layak Pakai

Pada tahap penyortiran dan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU Kota Tasikmalaya, petugas menemukan sedikitnya 2.929 surat suara

2.929 Surat Suara Pilpres di Kota Tasikmalaya Tidak Layak Pakai
tribunjabar/isep heri
Petugas sortir dan lipat surat suara di Gudang Logistik KPU Kota Tasikmalaya menunjukan surat suara yang terdapat bercak tinta di surat suara Pilpres, Jumat (15/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Pada tahap penyortiran dan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU Kota Tasikmalaya, petugas menemukan sedikitnya 2.929 surat suara pilpres yang terkategori tidak layak pakai.

"Saat ini penyortiran surat suara masih berlangsung, kami baru menyelesaikan sortir dan lipat surat suara pilpres. Surat suara yang ditemukan kurang layak itu baru sortir awal," jelas Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Zaenul Mutaqin, saat ditemui di Gudang Logistik KPU Kota Tasikmalaya, Jumat (15/2/2019).

Ade menjelaskan dari 494.077 surat suara Pilpres yang disortir dan dilipat petugas, sejumlah surat suara yang tidak layak itu nantinya akan disortir ulang petugas KPU.

"Itu hasil sortir awal oleh petugas sortir, nantinya akan disortir kembali petugas KPU apakah surat suara itu masih layak atau tidak," jelasnya.

Surat suara yang tidak layak pakai yang ditemukan petugas, sebut Ade di antaranya ialah terdapat bercak tinta, sejumlah tulisan kurang jelas, dan surat suara yang mengkerut di beberapa bagian.

"Setelah disortir ulang, nantinya dicatat dan akan dimintakan ke KPU RI untuk dipenuhi pergantian," tutur Ade.

Begini Kata Dua Pemain Persib Bandung Menjelang Laga Melawan Bekas Timnya

Bagi surat suara yang sudah dipastikan tidak layak, nantinya KPU Kota Tasikmalaya akan membuat berita acara dan melakukan pemusnahan yang akan disaksikan bawaslu dan beberapa pihak terkait.

Saat ini tahapan sortir dan lipat di KPU Kota Tasikmalaya sudah masuk pada surat suara DPR RI.


Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved