Dishub Kota Cimahi Ingatkan KKU Untuk Melarang Sopir Tembak Jadi Sopir Angkot

Dishub Kota Cimahi mengingatkan KKU angkutan umum di Kota Cimahi agar melarang sopir tembak atau sopir yang tidak terdaftar pada KKU jadi sopir angkot

Dishub Kota Cimahi Ingatkan KKU Untuk Melarang Sopir Tembak Jadi Sopir Angkot
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Dinas Perhubungan Kota Cimahi bersama aparat kepolisian mengamankan tiga unit angkutan perkotaan (angkot). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan Kota Cimahi mengingatkan Kelompok Kerja Unit (KKU) angkutan umum di Kota Cimahi agar melarang sopir tembak atau sopir yang tidak terdaftar pada KKU untuk menjadi sopir angkot.

Pasalnya, sopir tembak itu dikhawatirkan bisa menyebabkan kecelakaan dan yang terpenting ditakutkan bisa melakukan aksi kriminalitas ketika menarik penumpang.

Hal itu terbukti dengan adanya kasus pencurian kendaraan roda empat pada 34 Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah hukum Polres Cimahi yang dilakukan pelaku dengan cara menyamar sebagai sopir angkot dan kondekturnya. Saat ini sopir dan kondekturnya itu sudah diamankan anggota Satreskrim Polres Cimahi.

Kepala Seksi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, mengatakan, KKU angkutan umum yang ada di Kota Cimahi seharusnya selektif dalam memilih sopir dan harus melarang angkot yang tidak memiliki izin trayek untuk beroperasi.

"Kalau mereka tidak selektif dalam memilih sopir hal ini (aksi kriminalitas dan kecelakaan) bisa saja terjadi, tapi kalau selektif saya rasa hal itu tidak akan terjadi," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jumat (8/2/2019).

Ia juga mengingatkan terhadap KKU di Kota Cimahi jangan sampai memberikan izin begitu saja terhadap orang yang tidak dikenal ketika melamar menjadi sopir karena bisa saja orang tersebut melakukan aksi kriminal.

Untuk itu, lanjut, Ranto, pengawasan sopir yang beroperasi di Cimahi bukan hanya dilakukan oleh Dinas Perhubungan, namun menjadi tanggungjawab dari pengurus KKU yang pertama merekrutnya.

"Kami menghimbau agar KKU bertanggungjawab dalam mengawasi sopir yang dipekerjakannya, dengan memberikan arahan agar tidak seenaknya memberikan izin penggunaan mobil pada sopir tembak," katanya.

Alisson Becker Yakin Liverpool Masih di Jalur Menjuarai Liga Inggris Musim Ini

Pedagang yang Selama Ini Berjualan di Pasar Darurat Berebut Kios di Pasar Sumber Cirebon [VIDEO]

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved