Bus Kramat Jati Terbalik

Penyebab Kecelakaan Maut Bus Kramat Jati Terungkap, Ini Detik-detik Kecelakaan Menurut Sopir

Diketahui, sopir tersebut bernama Asep Kurniawan (52), warga Dusun Kojengkang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Penyebab Kecelakaan Maut Bus Kramat Jati Terungkap, Ini Detik-detik Kecelakaan Menurut Sopir
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Bus Kramat Jati terjun bebas dari Jalan By Pass Cikopo hingga terbalik ke Jalan Cipeutag, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Rabu (6/2/2019) dini hari. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan, menyebutkan, sopir bus Kramat DJati jurusan Wonogiri - Bandung yang mengalami kecelakaan pada Rabu (6/2/2019), berhasil diamankan.

Diketahui, sopir tersebut bernama Asep Kurniawan (52), warga Dusun Kojengkang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Asep Kurniawan telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kecelakaan maut yang menewaskan dua orang tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bandung, AKP Hasby Ristama, mengatakan berdasarkan keterangan sopir, saat mengemudi, sopir dalam kondisi mengantuk dan tiba-tiba pandangan berubah gelap.

Saat pandangan berubah menjadi gelap, kata Hasby, sopir tersebut kemudian tidak mampu menguasai laju kendaraan.

Akibatnya, kendaraan oleng ke arah kiri dan terguling ke bawah flyover Jalan Bypass Cicalengka.

"Penyebabnya karena human error, sopir  mengantuk karena perjalanan mengemudi selama sembilan jam," kata Hasby melalui pesan singkat, Kamis (7/2/2019).

Pascakejadian tersebut, sopir kemudian melarikan diri ke arah Kota Bandung, karena alasan ingin berobat ke salah satu rumah sakit di Kota Cimahi.

Hasby mengatakan, alasan tersebut dianggap janggal, karena bila akan mendapatkan perawatan, sopir bisa datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka.

"Namun dalam waktu dua jam, bisa diringkus oleh petugas laka Polres Bandung dan kami tetapkan sopir sebagai tersangka," katanya.

Diberitakan sebelumnya, bus Kramat Jati dari arah Garut menuju Bandung dan mengalami kecelakaan pada pukul Rabu (6/2/2019), pukul 04.00 WIB.

Sopir bus kehilangan konsentrasi sehingga oleh ke sebelah kiri, kemudian terjatuh ke bawah jalan setinggi 10 meter, sehingga bus dalam kondisi terbalik.

Akibat kejadian nahas tersebut, dua orang penumpang bus meninggal dunia, satu orang luka berat, dan10 mengalami luka ringan, saat tengah dilakukan perawatan di RSUD Cicalengka.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved