Dishub Kota Cimahi Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Bus Kramat Jati di Cicalengka

Dinas Perhubungan Kota Cimahi turut angkat bicara pascakecelakaan bus Keramat Jati di Jalan Bypass Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung

Dishub Kota Cimahi Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Bus Kramat Jati di Cicalengka
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Bus Kramat Jati mengalami kecelakaan dan terbalik di Cicalengka. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan Kota Cimahi turut angkat bicara pascakecelakaan bus Kramat Jati di Jalan Bypass Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Rabu (6/2/2019).

Hal tersebut karena bus Kramat Jati sebagian pool atau garasi busnya berada di Jalan Cangkorah, Kelurahan Leuwigajah, Kota Cimahi, bahkan kerap menaikan dan menurunkan penumpang di pool tersebut.

Kepala Seksi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang, mengklaim kerap melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) terhadap sejumlah bus Kramat Jati yang lokasi poolnya ada di Kota Cimahi.

"Hal itu dilakukan karena beberapa angkutan umum dalam provinsi dan antar provinsi memiliki pool di Cimahi, dan mereka terkadang menaikan dan menurunkan di wilayah Cimahi tetapi trayeknya sendiri tidaj ada," ujarnya saat ditemui usai pelaksanaan Gakum di Jalan Cilember, Kota Cimahi, Kamis (7/2/2019).

Selain itu, pihaknya juga kerap memberikan sanksi tegas bagi bus yang disinyalir tidak memiliki trayek, bahkan pihaknya sudah melayangkan surat ke Kementerian Perhubungan karena mereka kerap melakukan penipuan izin trayek.

Sopir Bus Kramat Jati yang Terguling di Cicalengka Tak Ditemani Kernet dan Sopir Pengganti

"Kami sama sekali belum pernah memberikan rekomendasi untuk permohonan izin trayek antar kota antar provinsi bagi PO bus Kramat Jati," kata Ranto.

Namun jika dilihat secara kelaikan kendaraan, kata Ranto, semua bus Kramat Jati yang kerap mangkal di PO yang ada di Kota Cimahi memang laik dan tidak ada masalah apapun.

"Hanya izin trayek saja yang menyalahu aturan, kejadian kecelakaan kemarin itu karena kelalaian dari pengemudi yang sudah tertangkap dan diproses aparat kepolisian," ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau agar sopir bus yang beroperasi harus dalam keadaan fit agar tidak terjadi kecelakaan yang menyebabkan adanya korban jiwa.

Sementara itu, pihak PO Bus Kramat Jati yang ada di Kota Cimahi, enggan memberikan keterangan terkait adanya kecelakaan maupun terkait kelaikan dan izin trayek bus tersebut.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved