Breaking News:

Ratusan Rumah di Kujangsari Di-Fogging Guna Cegah DBD

Abdul mengatakan kegiatan fogging ini dilakukan bekerjasama dengan pihak Puskesmas Kujangsari, dan semuanya gratis.

syarif pulloh anwari/tribun jabar
Petugas sedang melakukan fogging (pengasapan) kerumah warga dalam mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah RW1, Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Senin (4/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ratusan rumah di wilayah RW1, Kelurahan/Kampung Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, melakukan fogging (pengasapan) untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Senin (4/2/2019.

Dari pantauan Tribun Jabar, sekitar pukul 09.00 WIB petugas dari Puskesmas Kujangsari yang mengenakan rompi merah melakukan fogging atau pengasapan, puluhan warga antusias dan dan kegiatan itu jadi tonton warga. Mesin fogging pun mulai disemprotkan ke setiap pintu rumah-rumah warga dan selokan.

Ketua RW1, Kelurahan Kujangsari, Kota Bandung, Abdul Manaf (50) mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberantas sarang nyamuk dan mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Mengadakan penyemprotan pengasapan (fogging) dalam pencegahan DBD. Sudah menjalankan tugas dari keinginan, kemauan warga untuk mengadakan penyemprotan fogging ini," ujar Abdul Manaf saat ditemui Tribun Jabar dilokasi, Senin (4/2/2019).

Kegiatan fogging ini dilakukan disejumlah selokan dan rumah-rumah warga dari pukul 09.00 WIB sampai 12.30 WIB.

Abdul mengatakan fogging ini dilakukan di sekitar 350 rumah warga di setiap RT-nya.

"Di RW1 ada delapan RT, ini jumlahnya ada 350 rumah, kalau jumlah jiwanya ada 800 jiwa," ujarnya.

Abdul mengatakan kegiatan fogging ini dilakukan bekerjasama dengan pihak Puskesmas Kujangsari, dan semuanya gratis.

"Saya mengajukan kepada pihak Puskesmas Kujangsari, kalau masalah bayar ya kita ngga, tapi seikhlasnya saja, itu yang mengerjakannya RT setempat, untuk siapa aja yang mau difogging, kadang orang teh ada yang ngga mau di fogging," ujarnya

Abdul menambahkan selain melakukan pencegahan penyakit DBD dengan melakukan fogging ke rumah rumah warga, ia melakukan sosialisasi terkait sampah.

"Melakukan fogging ini ketika ada laporan dari warga pada musim hujan, dan pencegahan dari sampah, terus ada genangan air dari botol, bekas kaleng kaleng, kita harus galangkan untuk membersihkan lingkungan masing masing," ujarnya.(*)

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved