Soal RUU Permusikan, Giring Ganesha: Pasal Uji Kompetensi Memberatkan Musisi Pemula

Giring Ganesha mengatakan RUU Permusikan itu perlu direvisi. Menurutnya, pasal-pasal yang telah dirancang sangat memberatkan seniman, terutama musisi

Soal RUU Permusikan, Giring Ganesha: Pasal Uji Kompetensi Memberatkan Musisi Pemula
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Giring Ganesha saat ditemui di acara press confrence Mimpi Adalah Kunci, di Rooftoop Moxy Hotel, Jalan Ir H Djuanda No 69, Tamansari, Kota Bandung, Jumat (1/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang diusung Komisi X DPR beberapa waktu lalu dianggap mematikan kreativitas musisi Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, Giring Ganesha mengatakan RUU Permusikan tersebut perlu direvisi. Menurutnya, pasal-pasal yang telah dirancang sangat memberatkan seniman, terutama musisi.

"Menurut saya, RUU ini dirancang oleh orang-orang yang tidak mengerti musik. Contohnya, yang paling memberatkan adalah uji kompetensi bagi musisi pemula dalam hal membaca not lagu. Apabila berlaku, menurut saya, tidak akan ada yang tertarik untuk terjun di dunia musik," ujar Giring Ganesha kepada awak media saat konferensi pers Mimpi Adalah Kunci, di Moxy Hotel, Jalan Ir H Djuanda No 69, Kota Bandung, Jumat (1/2/2019) sore.

Giring Ganesha beralasan, saat ini banyak sekali musisi Indonesia yang lebih memilih menciptakan musik dengan proses rekaman langsung. Jadi tidak ada gunanya pasal uji kompetesi musik melalui not lagu itu.

Ia berharap, para musisi juga dilibatkan dalam pembuatan RUU Permusikan, termasuk jika direvisi nanti.

Penjelasan Kemenkeu Soal Sumber Gaji PNS Setelah Viral Tagar #YangGajiKamuSiapa

Menteri di Era SBY Sebut Kemampuan Jokowi Sebanding dengan Bandung Bondowoso

"RUU Permusikan itu harus butuh kekompakan dari seluruh stakeholder musik agar bisa ikut andil dalam menyampaikan aspirasi mereka. Seperti yang diketahui, dalam proses rancangan itu, para musisi sama sekali tidak diikutkan. Sangat jelas merugikan musisi kita," kata Giring.

Giring Ganesha menyarankan, RUU Permusikan ini sebaiknya membahas tentang hak cipta karya musisi yang dipatenkan lalu membahas bahas hubungan yang jelas antara artis dengan manajemen, label, promotor, dan lainnya.

"Jika karya musisi ada yang berbau unsur provokatif, lagian kan bisa dilaporkan ke polisi. Saya percaya musisi Indonesia tak akan bertindak sejauh itu. Apabila mengkritik pemerintah pasti akan disampaikan dengan cara yang lebih baik," kata Giring Ganesha.

Penulis: Fasko dehotman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved