Mangkir dari Panggilan Jaksa KPK, James Riady akan Dipanggil Kembali pada Sidang Berikutnya

Pemilik saham proyek Meikarta, James Riyadi tidak hadir di persidangan kasus suap proyek Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung

TRIBUNNEWS/HERUDIN
CEO Lippo Group James Riady tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjalani pemeriksaan, di Jakarta, Selasa (30/10/2018). James Riady diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Billy Sindoro terkait kasus dugaan suap pengurusan izin proyek pembangunan Meikarta, di Cikarang, Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Pemilik saham proyek Meikarta, James Riyadi tidak hadir di persidangan kasus suap proyek Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (30/1/2019). Sebelumnya jaksa KPK memanggil James Riady untuk menjadi saksi bagi terdakwa Billy Sindoro‎.

"Kami belum tahu alasannya. Tapi memang rencananya dihadirkan hari ini sebagai saksi untuk Billy Sindoro," ujar jaksa KPK I Wayan Riana.

Ia mengatakan KPK akan membahas ulang terkait menghadirkan James Riyadi di persidangan. Menurutnya, kesaksian James Riyadi penting untuk mengungkap kebenaran materil terkait peristiwa suap proyek Meikarta kepada Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan sejumlah ASN.

"Nanti kami diskusikan. Karena terkait penahanan untuk terdakwa pemberi ini singkat, apakah masih cukup atau tidak. Kami juga pertimbangkan untuk menghadirkan James Riyadi di persidangan dengan terdakwa penerima suap," ujar I Wayan. Adapun batas penahanan para terdakwa penyuap yakni Billy Sindoro, Taryudi, Henry Jasmen dan Fitradjaja Purnama berakhir pada 11 Maret.

Wali Kota Cirebon Yakin Tak Ada Pelanggaran dalam Deklarasinya Mendukung Jokowi-Maruf Amin

Pada sidang hari ini, delapan saksi dihadirkan. Semuanya dari perusahaan pengembang Meikarta. Hanya James Riyadi yang tidak datang. ‎Semua saksi dipanggil lewat surat dan semuanya bisa hadir. Hal yang sama dilakukan oleh KPK ke James Riyadi.

"Dari KPK sudah kontak ke ponsel James Riyadi. Tapi tidak aktif," ujarnya.


Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved