Pilpres 2019

Hasil Survei LSI Usai Debat Pertama: Jokowi-Maruf Ungguli Prabowo-Sandi, Ini Raihan Persentasenya

LSI Denny JA, merilis hasil survei tentang pengaruh elektabilitas capres-cawapres, seusai debat perdana pada 17 Januari 2019 lalu.

Hasil Survei LSI Usai Debat Pertama: Jokowi-Maruf Ungguli Prabowo-Sandi, Ini Raihan Persentasenya
Tribun Jabar
Karikatur Debat Pilpres 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Lembaga penelitian Lingkaran Survei Indonesia ( LSI) Denny JA, merilis hasil survei tentang pengaruh elektabilitas capres-cawapres, seusai debat perdana pada 17 Januari 2019 lalu.

Dikutip Tribun Jabar dari Tribunnews.com survei LSI itu dilakukan 18-25 Januari 2019 terhadap 1.200 responden.

Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, elektabilitas kandidat nomor urut 01, Jokowi-Maruf masih unggul dibandingkan kandidat nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

"Pasangan Jokowi-Maruf Amin meraih 54,8 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 31,0 persen. Sementara yang masih belum memutuskan, atau rahasia, maupun tidak tahu dan tidak jawab, sebesar 14,2 persen," kata Adjie di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (30/1/2019).

Namun, Adjie mengatakan, debat perdana Capres-Cawapres ini tak mempengaruhi secara signifikan terhadap elektabilitas.

Pasalnya, jika berkaca pada hasil survei LSI Desember 2018, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 54,8 persen, Prabowo-Sandiaga 30,6 persen, dan tidak memilih atau menjawab 15,2 persen.

"Pasca debat kenaikan elektabilitas masing-masing paslon tidak signifikan. Jokowi-Ma'ruf naik 0,6 persen, dan Prabowo-Sandiaga naik 0,4 persen. Jadi tidak banyak berefek, karena angkanya cenderung sama," jelas Adjie.

Selain itu, Adjie menilai, faktor lain lantaran, dari responden yang ada, hanya 50,6 persen menyatakan menonton, 46,7 persen tak menonton, dan tidak menjawab 2,7 persen.

Baca: Takut Offside, KPU Kembali Cek Validitas Data Caleg Eks Napi Sebelum Dirilis ke Publik

"Sedangkan yang menonton secara utuh hanya 29,6 persen. Yang hanya menonton sebagian saja 69,9 persen. Tidak tahu atau tidak jawab 0,5 persen," ungkap Adjie.

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved