Provinsi Jabar dan Kota Bandung Raih Nilai A dalam Rapor dari Kementerian PANRB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, menyerahkan hasil evaluasi SAKIP 2019 di wilayaj I.

Provinsi Jabar dan Kota Bandung Raih Nilai A dalam Rapor dari Kementerian PANRB
Tribunjabar/Theofilus Richard
Sebanyak 185 pemerintah daerah Wilayah I menerima rapor hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Wilayah I oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (28/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018 wilayah I, di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Senin (28/1/2019).

Pemerintah Wilayah I meliputi 185 pemerintah daerah terdiri dari 11 pemerintah provinsi dan 174 kabupaten/kota di Sumatera, Jawa Barat, dan Banten.

Pemda dimaksud meliputi pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten.

Dalam SAKIP 2018, Jawa Barat dan Kota Bandung berhasil meraih nilai A. Selain itu, 20 Pemda lainnya meraih predikat BB.

Pemda yang meraih nilai B sebanyak 73, CC sebanyak 53, dan C sebanyak 37 Pemda.

Syafruddin mengatakan bahwa penilaian SAKIP mencakup banyak indikator.

“Banyak indikator, semisal bagaimana efisiensi menjalankan pemerintahan, bagaimana e-budgeting, e-personel, sehingga ujungnya efisiensi anggaran. Anggaran yang diefesiensikan itu digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Syafruddin juga mengatakan bahwa pemda yang meraih predikat BB mengalami peningkatan signifikan.

Hasil evaluasi SAKIP tahun 2017 lalu hanya ada 10 pemda yang berhasil mendapatkan predikat BB, yaitu dua pemerintah provinsi dan delapan pemerintah kabupaten/kota.

Halaman
123
Penulis: Theofilus Richard
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved