Waspada DBD

Basmi Jentik Nyamuk, 400 Ikan Cupang Disebar di Genangan Air

Ikan cupang disebarkan di beberapa genangan air yang berpotensi terdapat jentik nyamuk untuk memutus rantai perkembangan nyamuk penyebab DBD.

Basmi Jentik Nyamuk, 400 Ikan Cupang Disebar di Genangan Air
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Penyebaran ikan cupang untuk memberantas jentik nyamuk yang menyebabkan DBD. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Mewabahnya penyakit demam berdarah dangue (DBD) di Kota Cimahi menjadi perhatian dari berbagai kalangan termasuk dari Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung dan Community Beta Cimahi (CBC).

BKIPM Bandung dan CBC, pada Jumat (25/1/2019) menyebarkan 400 ikan cupang ke tempat yang berpotensi terdapat jentik nyamuk, seperti ke setiap genangan air yang ada di rumah warga RW 5, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Ikan cupang tersebut di antaranya disebar di saluran pembuangan air atau drainase yang lokasinya tak jauh di rumah-rumah warga karena adanya genangan air berpotensi terdapat jentik nyamuk.

Kepala BKIPM Bandung, Dedi Arief Hendriyanto, mengatakan, penyebaran ikan cupang di genangan air rumah warga ini merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai perkembangan nyamuk penyebab DBD.

"Ada 400 ikan cupang yang kami sebar ke genangan air yang ada di sekitar rumah warga dengan bekerja sama Community Beta Cimahi untuk memutus wabah penyakit DBD," ujarnya di sela penyebaran ikan.

Ikan cupang yang disebarkan di Cimahi untuk membasmi jentik nyamuk.
Ikan cupang yang disebarkan di Cimahi untuk membasmi jentik nyamuk. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Menurut Dedi, berdasarkan hasil survei, pihaknya menganggap ikan cupang memang terbukti efektif untuk memberantas jentik nyamuk.

Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengaku prihatin dengan mewabahnya kasus DBD di Kota Cimahi. Warga yang terjangkit DBD hingga saat ini jumlahnya mencapai 119 kasus.

"Pemerintah Kota Cimahi bakal terus melakukan pencegahan terhadap nyamuk DBD, seperti pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan fogging," kata Ngatiyana.

Menurutnya, hal itu merupakan cara yang dianggap ampuh untuk menangkal nyamuk penyebar DBD, selain tentunya dengan pola hidup bersih dari masyarakat.

Pasien DBD di RSUD Soreang Terus Bertambah, Sebagian Pasien Dirujuk karena Ruangan Penuh

Penderita DBD di Kota Cimahi Meningkat, Warga Minta Pemkot Terus Melakukan Fogging

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved