Breaking News:

DBD di Kabupaten Cirebon Capai 15 Orang, Dinkes Lakukan PSN dan Fogging

Dinkes sendiri sudah melakukan fogging sebanyak 15 kali di berbagai titik yang terjangkat demam berdarah dengue (DBD).

Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Seorang petugas Dinkes Kabupaten Cirebon sedang melakukan pengasapan atau fogging di MI Aswashliyah, Kelurahan Perbutulan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (24/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan pengasapan atau fogging di MI Aswashliyah, Kelurahan Perbutulan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (24/1/2019).

Dinkes sendiri sudah melakukan fogging sebanyak 15 kali di berbagai titik yang terjangkat demam berdarah dengue (DBD).

"Kita melakukan fogging, fokus pada daerah kasus di sekitar wilayah sini dan fokus pada radius 200 meter dari titik fokus yang ada kita lakukan penyemprotan," ujar Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Cirebon, Sartono, saat ditemui di lokasi, Kamis (24/1/2019).


Menurutnya, PSN lebih penting dibanding fogging. Sebab fogging hanya menyelesaikan masalah pada nyamuk dewasa. Yang lebih diupayakan Dinkes, adalah PSN.

Di daerah Perbutulan sendiri, ada satu orang yang terjangkit DBD. Sementara itu, rumah bebas jentik di Kabupaten Cirebon, di atas 95 persen.

"Ada data kasus di rumah sakit menyatakan positif, kemudian ditindaklanjuti. Saratnya ketika dilakukan fogging tadi, rumah yang bebas jentik juga harus kurang dari 90 persen," katanya.

Sambut Bebasnya Ahok, Nicholas Sean Pamer Foto Selfie dengan Sang Ayah: My Dads a Free Man

Meski demikian, menurutnya, kasus DBD di Kabupaten Cirebon sudah mengalami penurunan setiap tahunnya. Bahkan, hingga darstis. Yakni di 2015 ada 1.247 kasus, 2016 ada kenaikan, yakni 1.877 kasus, di 2017 turun secara drastis sebesar 70 persen yaitu hanya 274 kasus.

"Tahun ini sudah ada 15 kasus dan tidak ada korban jiwa. Mudah-mudahan tidak sampai ada korban," tukasnya.

Dari Oktober Sudah 398 Orang Terjangkit DBD di Sumedang, Kini 13 Orang Masih Dirawat di RSUD

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved