Rekrutan Persib Biasa-biasa Saja, Ini Kata Pengamat Sepak Bola Nasional

Mantan pemain tim nasional Indonesia primavera ini khawatir pembelian pemain yang tak bagus justru menjadi sinyal tidak terealisasinya target.

Rekrutan Persib Biasa-biasa Saja, Ini Kata Pengamat Sepak Bola Nasional
BOLASPORT.COM
Supriyono 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengamat sepak bola nasional, Suriyono, memprediksi Persib Bandung sulit menembus posisi lima besar di Liga 1 2019. Perekrutan pemain yang biasa- biasa saja dianggapnya sebagai alasan terkuat.

Pemain-pemain yang sudah dipastikan bergabung bukanlah level pertama berdasarkan latar belakangnya. Lihat saja, Abdul Aziz, Frets Butuan, dan Erwin Ramdani adalah pemain lokal yang musim lalu membela PSMS Medan. PSMS degradasi ke Liga 2. Begitu juga dengan Ezteban Vizcarra dan Zalnando. Tim yang mereka bela musim lalu, Sriwijaya FC, juga turun kasta. Sedangkan, Srdan Lopicic yang berstatus pemain asing sudah melewati masa keemasan. Dia berusia 35 tahun. Secara nama juga sudah meredup.

Supriyono menilai ada beberapa kemungkinan yang membuat manajemen Maung Bandung lebih hemat dalam belanja pemain. Satu di antaranya karena imbas dari sanksi Komite Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Komdis PSSI) musim lalu.

"Main (kandang) di luar (Jawa), segala macam biayanya tidak sedikit. Kemudian pemasukan tidak ada. Mungkin di situ Persib melakukan penghematan dengan membeli pemain sesuai kebutuhan. Itu prasangka baik saya," ujar Supriyono saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (23/1/2019).

Siapa yang Akan Jadi Starter Persib Bandung Hadapi Persiwa Wamena? Yaya Sunarya Beri Bocoran

Mantan pemain tim nasional Indonesia primavera ini khawatir pembelian pemain yang tak bagus justru menjadi sinyal tidak terealisasinya target dari manajemen.

"Saya belum bisa mengatakan pembelian pemain ini sudah sesuai kebutuhan karena kapasitas pemain masih kita tunggu bersama yang notabene mereka di tim lamanya juga bukan pemain yang penting. Yang tidak mampu membawa timnya berwarna, kalau saya melihat," katanya.

Di matanya, Persib merupakan tim besar yang memiliki manajemen keuangan paling sehat ketimbang tim lain. Alasan itu seharusnya membuat manajemen bisa membeli pemain yang benar-benar bisa memberikan kontribusi untuk tim.

Agen Buka Peluang Fabiano Beltrame Gabung Persib Bandung

Supriyono melihat persaingan di Liga 1 2019 akan semakin ketat. Tim-tim lain seperti Madura United dan Barito Putera sedang gencar mendatangkan pemain-pemain berkelas.

"Persib itu tim besar, tapi kenapa membeli pemain yang katanya binaan Persib. Itu, kan, yang menjadi dalil mereka (manajemen). Ya, mudah-mudahan bisa sesuai dengan ekspektasi kita, tapi, ya, kemungkinannya kecil. Masuk lima besar saja sudah keren. Itu analisis saya," ucapnya. (*)

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Sugiri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved