Satu Terdakwa Penganiaya Haringga Sempat Galang Dana Untuk Ganti Piring Pedagang yang Pecah

Joko Susilo (32), satu dari tujuh terdakwa penganiaya Haringga Sirla (23), suporter Persija Jakarta mengaku sempat menggalang dana untuk pedagang

Satu Terdakwa Penganiaya Haringga Sempat Galang Dana Untuk Ganti Piring Pedagang yang Pecah
Tribunjabar/Mega Nugraha
Sidang Haringga Sirla di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (22/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Joko Susilo (32), satu dari tujuh terdakwa penganiaya Haringga Sirla (23), suporter Persija Jakarta mengaku sempat menggalang dana untuk Adang Ali (58), pedagang Bakso Cuanki di Stadion GBLA.

Saat itu, puluhan piring kaca milik Adang ‎Ali berantakan bahkan pecah, imbas pengeroyokan pada Haringga hingga tewas. Pengeroyokan itu sendiri terjadi dekat gerobaknya.

"Setelah kejadian itu, banyak piring kaca yang pecah. Lalu saya menggalang dana dari bobotoh di dekat gerobak untuk diserahkan ke Adang Ali," ujar Joko di persidangan Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (22/1/2019).

Pada sidang hari ini, enam anggota Polrestabes Bandung dihadirkan sebagai saksi karena turut menangkap para pelaku penganiaya Haringga.

Terdakwa dalam kasus ini yakni Budiman, Joko Susilo, Cepi Gunawan, Dadang Supriatna, Aditya, Aldiansyah, Budiman dan Goni Abdurahman.

Joko menjelaskan, dari penggalangan dana itu, berhasil terkumpul uang ratusan ribu. Uang terkumpul dari sumbangan bobotoh yang ada di sekitar lokasi kejadian.

"Saat itu terkumpul Rp 200 ribu lebih hasil patungan. Lalu saya serahkan ke tukang bakso untuk mengganti piring-piring yang pecah," ujar Joko.

Di sidang itu, ia masih konsisten tidak memukul Haringga. "Saya justru menolong anak perempuan tukang cuankie yang terjebak diantara mereka yang mengeroyok Haringga. Saya sendiri tidak ikut memukul," katanya.

Belakangan diketahui, perempuan ‎itu bernama Laelasari, Cucu dari saksi Adang Ali, pedagang Cuanki.

Adang Ali juga bapak dari terdakwa Budiman. Laelasari hadir‎ di persidangan itu untuk melihat terdakwa Budiman, saudara laki-lakinya. Ia membenarkan ada sosok laki-laki, suporter Persib yang menolongnya dari kerumunan massa pengeroyok Haringga.

"Iya, saya kejebak di antara kerumunan masa. Tiba-tiba ada bobotoh yang menarik saya‎ hingga keluar dari kerumunan," ujar Laela. Namun, saat ditanyakan apakah sosok itu adalah Joko, ia tidak mengetahui namanya.

"Saya tidak tahu namanya karena kejadian begitu tiba-tiba. Kalau lihat mukanya juga saya tidak tahu persis karena kan suasananya begitu panik, jadi saya tidak melihat terlalu jelas," ujar Laela. (men) .

Ronaldikin Sang Ronaldinho dari Bandung Ini Meninggal Bukan Hanya Karena Radang Tenggorokan

BREAKING NEWS: Ronaldikin alias Sodikin Meninggal di RSUD Al Ihsan, Ini Penyakit yang Dideritanya


Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved