Maraknya Berita Hoax, Maruf Amin: Indonesia Sedang Dilanda 'Tsunami Teknologi'

Menurut Maruf Amin, selama menjelang Pemilu 2019, namanya sudah banyak dikotori berita hoax yang menyebarkan kebohongan dan prasangka buruk

Maraknya Berita Hoax, Maruf Amin: Indonesia Sedang Dilanda 'Tsunami Teknologi'
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Sambutan calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, di acara peresmiam Kopi Abah di Jalan Karapitan No 22, Kota Bandung, Sabtu (19/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Maruf Amin, merasa jengkel lantaran maraknya berita hoax di Indonesia.

Menurut Maruf Amin, selama menjelang Pemilu 2019, namanya sudah banyak dikotori berita hoax yang menyebarkan kebohongan dan prasangka buruk tentang dirinya.

Maruf Amin menjelaskan, satu di antara berita hoax yang sangat menjelekkan namanya adalah kasus berjoget.

Tidak hanya itu, Maruf Amin juga diterpa isu lain seperti melakukan salam dengan mencium pipi kanan dan kiri seorang wanita.

"Saya sangat menyayangkan penyebaran berita hoax tersebut. Bisa saya bilang Indonesia sedang dilanda 'tsunami tekonologi'," ujar Ma'ruf Amin saat menyampaikan pidatonya di acara peresmian Kopi Abah, Jalan Karapitan No 22, Kota Bandung, Sabtu (19/1/2019).

Sanksi untuk Wali Kota Cirebon yang Mendukung Jokowi-Maruf Amin Diserahkan ke MK Partai Demokrat

Caleg DPR RI dari Partai Golkar Terbukti Lakukan Pelanggaran di Kabupaten Cirebon

Menurut Ma'ruf, saat ini teknologi seringkali disalahgunakan dalam informasi atau berita bohong, demi menjatuhkan martabat seseorang menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Kita sedang mengalami guncangan hoax di mana-mana. Hal ini sama halnya dengan tsunami teknologi, kerap disalahgunakan untuk merusak, maka akhirnya teknologi menjadi bencana," kata Ma'ruf Amin.

Menyikapi hal tersebut, Maruf Amin mengajak masyarakat untuk cerdas dalam menerima dan mengolah informasi, baik di media sosial maupun di media mainstream.

"Mari kita bersama-sama melawan hoax dan bijak dalam menyerap berita yang tersebar hingga detik ini," ujar Ma'ruf. 

Penulis: Fasko dehotman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved