KPU Jabar Sudah Siapkan Pembentukkan Relawan Demokrasi, untuk Sosialisasi Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah membentuk Relawan Demokrasi untuk Pemilu 2019 di seluruh Indonesia.

KPU Jabar Sudah Siapkan Pembentukkan Relawan Demokrasi, untuk Sosialisasi Pemilu
tribun batam
Pemilu 2019

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah membentuk Relawan Demokrasi untuk Pemilu 2019 di seluruh Indonesia.

Sejumlah anggota KPU di daerah pun tengah menyeleksi relawan untuk menyosialisasikan pengetahuan soal pemilihan umum pada 17 April 2019 di tingkat Kabupaten/Kota.

Dalam hal ini termasuk KPU Jabar pun telah membentuk relawan demokrasi tersebut.

"Saat ini Jawa Barat baru selesai membentuk Relawan Demokrasi dimana setiap KPU Kab/Kota sebanyak 55 Relawan Demokrasi dari 10 basis pemilih," ujar Komisioner KPU Jabar Divisi Sosialisasi dan Pendidikan, Dr Idham Holik, kepada Tribun Jabar melalui sambungan seluler, Selasa (22/1/2019).

Sebagaimana telah terlampir dalam Surat KPU RI Nomor: 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019, tanggal 9 Januari 2019, perihal Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu serentak tahun 2019.

Idham Holik menjelaskan pembentukkan Relawan Demokrasi tersebut untuk melakukan sosialisasi pemilu dan pendidikan politik kepada pemilih.

Jokowi Ternyata Beri Grasi bagi Otak Pelaku Pembunuhan Wartawan Radar Bali, Kini Dihukum 20 Tahun

Menurutnya pembentukkan relawan demokrasi tersebut bukan hanya demi meningkatkan proses pemilu, akan tetapi meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi.


Sementara 10 basis pemilih yang berpartisipasi dalam relawan demokrasi tersebut di antaranya, Pemilih Keluarga, Pemilih Muda, Pemilih Pemula, Pemilih Perempuan, Pemilih Disabilitas, Pemilih Berkebutuhan Khusus, Pemilih Kaum Marginal, Pemilih Komunitas, Pemilih Keagamaan, dan Pemilih Warganet.

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved