Masyarakat Diimbau Hati-hati Dampak Supermoon dan Bulan Purnama, Gelombang Tinggi Bisa 4 Meter

BMKG Berau mengimbau agar masyarakat mewaspadai gelombang tinggi, akibat naiknya permukaan air laut. Supermoon terjadi hingga Selasa

Masyarakat Diimbau Hati-hati Dampak Supermoon dan Bulan Purnama, Gelombang Tinggi Bisa 4 Meter
ireland-calling.com
Ilustrasi: Bulan purnama (Supermoon). 

TRIBUNJABAR.ID, TANJUNG REDEB - Fenomena alam posisi bulan dekat dengan bumi (perigee), supermoon berbarengan dengan bulan purnama akan berlangsung hingga Selasa (22/1/2019).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau mengimbau agar masyarakat mewaspadai gelombang tinggi, akibat naiknya permukaan air laut.

Kepala BMKG Berau, Tekad Sumardi mengatakan, fenomena supermoon yang disertai dengan bulan purnama ini, akan mempengaruhi permukaan air laut.

"Karena gaya gravitasi yang dihasilkan menyebabkan naiknya permukaan air laut, bahkan di beberapa daerah, gelombang maksimal bisa mencapai empat meter," ungkapnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada para nelayan, wisatawan maupun aktivitas pelayaran lainnya, agar mewaspadai fenomena ini.

Meski demikian, dia meminta masyarakat tidak terlalu khawatir, karena saat ini siklus pasang-surut di Kabupaten Berau terbilang normal.

7 Wilayah Indonesia Masuk Peringatan Dini BMKG, akan Tedampak Gerhana Bulan dan Supermoon

BMKG Beri Peringatan Dini Dampak Gerhana Bulan Berbarengan Supermoon, Waspada Jakarta!

Pengaruh supermoon dan bulan purnama tidak terlalu siginifikan.

"Memang di wilayah Berau kondisi gelombangnya tidak terlalu ekstrem, perkiraan gelombang hanya 1 meter hingga 1,5 meter. Tapi harus diwaspadai, khususnya speedboat ataupun kapal kecil nelayan tradisional yang paling banyak di wilayah ini," ungkapnya.

Dalam beberapa hari ini, cuaca di Kabupaten Berau cukup teduh, meski sempat diguyur hujan pada Senin (21/1/2019) dinihari tadi.

Namun fenomena alam ini bisa dilihat dengan jelas.

Halaman
12
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved