Aspal Campuran Karet Diujicobakan Tahun Ini untuk Pembangunan Jalan di Daerah-daerah

Pemerintah menerapkan pembangunan jalan di daerah-daerah menggunakan aspal campuran karet mulai tahun ini.

Aspal Campuran Karet Diujicobakan Tahun Ini untuk Pembangunan Jalan di Daerah-daerah
Tribunnews.com/A Prianggoro
Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek pengaspalan Jalan Tol Kanci - Pejagan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (11/6/2016). Perbaikan jalan itu dilakukan untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Pemerintah menerapkan pembangunan jalan di daerah-daerah menggunakan aspal campuran karet mulai tahun ini.

Plt. Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, pembangunan jalan beraspal campuran karet ini akan dilakukan di daerah-daerah.

"Kan ada jalan nasional, jalan provinsi ada jalan kabupaten. Yang banyak ternyata di kabupaten. Empat kali lipat dari jalan pusat," ujar Sigit, Senin (21/1/2019).

Dengan menggunakan kandungan karet dalam aspal ini ini, akan ada 380.000 kilometer (km) jalan beraspal yang bisa dibangun.

Untuk jalan sepanjang 380.000 km tersebut, diyakini akan bisa menyerap produksi karet di dalam negeri. Pasalnya, produksi karet tengah berlebih karena permintaan pasar yang berkurang.

Kapal Tenggelam di Sungai Kapuas, Badan Kapal dan 12 Penumpang Hilang Belum Ditemukan

Bulan Depan, Harga Rumah Subsidi Naik, Usulan Kenaikan Antara 3 Persen sampai 7,5 Persen

Sigit tak bisa menyebut secara spesifik berapa ton karet yang bisa dimanfaatkan untuk campuran aspal tersebut.

Dia memperkirakan, ada ratusan ribu ton karet yang akan digunakan. "(Serapan karetnya) 7% dari produksi aspal itu," ujar Sigit, Senin (21/1/2019).

Sigit mengatakan, rencananya jalan aspal yang dicampur karet yang akan dibangun di daerah-daerah ini akan mulai dilaksanakan tahun ini. (Lidya Yuniartha)

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved