Menteri ESDM Akui Cadangan BBM Hanya Cukup untuk 21 Hari, Ini Penjelasannya

Ignasius Jonan mengatakan, cadangan stok BBM tergantung dari jenis yang dikelola, seperti kerosine (minyak tanah), avtur, pertalite dan premium.

Menteri ESDM Akui Cadangan BBM Hanya Cukup untuk 21 Hari, Ini Penjelasannya
ISTIMEWA/Dokumentasi Humas ITB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan 

TRIBUNJABAR.ID, PALEMBANG - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan angkat bicara terkait pernyataan calon presiden (capres) nomor urut 02.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyatakan bahwa cadangan bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri hanya untuk 20 hari ke depan.

Terkait pernyataan tersebut, Ignasius Jonan mengatakan, cadangan stok BBM tergantung dari jenis yang dikelola, seperti kerosine (minyak tanah), avtur, pertalite dan premium.


Kerosine sendiri cadangannya lebih lama dibandingkan jenis BBM yang lain.

Dilansir dari Kompas.com, saat meninjau fasilitas Pertamina Refenery Unit III Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (17/1/2019), dirinya mengatakan, cadangan bahan bakar tergantung jenisnya.

Rata-rata cadangan BBM kurang lebih 21 hari.

Dijelaskan Jonan, cadangan BBM 21 hari bisa diperpanjang dengan membuat tempat penampungan baru.
Namun, hal itu akan menyebabkan ongkos yang dikeluarkan lebih besar hingga bisa menyebabkan kenaikan harga BBM di masyarakat.

Warga Berharap, Tanah Bantaran Sungai Citarik di Rancaekek Bandung yang Amblas Segera Diatasi

"Nah, ini adalah minyak jadi yang ditampung di tempat penampungan untuk cadangan 21 hari. Kenapa 21 hari? Maunya berapa? Kan tempat penampungan ini kalau cadangannya lebih banyak, tentu biaya cadangan lebih naik, yang bisa mengakibatkan harga BBM untuk masyarakat juga naik," jelasnya.

Selama ini, menurut Jonan, pasokan BBM selama 21 hari tak menimbulkan masalah. Bahkan, seluruh stok BBM tidak mengalami pengurangan.

Sindir Jokowi di Debat Pilpres, Politikus Demokrat Jabar: 4 Tahun Jadi Petahana Masih Harus Nyontek

"Ditanya lagi, kalau 21 hari apa cukup? Lho, selama ini Pertamina misalnya, itu kan imp

ornya, kapalnya bisa datang setiap hari. Jadi 21 hari ini cadangannya tidak masalah. Lho selama ini apakah masalah? Secara nasional apakah ada kekurangan pasokan nasional BBM? Kan tidak ada," kata Jonan.

Jalan di Bantaran Sungai Citarik yang Ambles Sempat Ditutup Warga, Tapi Sopir Mobil Nekat Terobos

Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved