Bencana Angin Puting Beliung

Aktivitas Kembali Normal, Posko Utama Bencana Angin Puting Beliung Rancaekek Kabupaten Bandung Sepi

Suasana di posko Masjid Ikhlas dalam kondisi sepi dan tidak adanya aktivitas yang dilakukan oleh relawan, petugas posko, TNI, Polri.

Aktivitas Kembali Normal, Posko Utama Bencana Angin Puting Beliung Rancaekek Kabupaten Bandung Sepi
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Posko utama penanggulangan bencana pascaangin puting beliung di Masjid Al Ikhlas, Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek Permai, Kabupaten Bandung, dalam kondisi sepi. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Posko utama penanggulangan bencana pascaangin puting beliung di Masjid Al Ikhlas, Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek Permai, Kabupaten Bandung, dalam kondisi sepi.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Kamis (17/1/2019), suasana di posko Masjid Ikhlas dalam kondisi sepi dan tidak adanya aktivitas yang dilakukan oleh relawan, petugas posko, TNI, Polri, dan pengungsi seperti beberapa hari lalu.

Berbeda dengan satu hingga lima hari pascakejadian, empat tenda pengungsian terpasang di halaman Masjid Al Ikhlas, beserta mobil dapur darurat dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bandung.

Aktivitas warga Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, kembali normal pascakejadian angin puting beliung pada Jumat sore (11/1/2019).
Aktivitas warga Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, kembali normal pascakejadian angin puting beliung pada Jumat sore (11/1/2019). (Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi)

Ketua Posko Penanggulangan Bencana Masjid Al Ikhlas, Anen Rumdani, mengatakan, sejumlah relawan mulai meninggalkan posko pengungusian pada Rabu (16/1/2018) atau dua hari setelah kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Karena semua warga juga sudah kembali ke rumahnya masing-masing," kata Anen di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Kamis (17/1/2019).

Enam Hari Pascaangin Puting Beliung, Aktivitas Warga Rancaekek Permai 2 Kembali Normal

Anen pun mengatakan, sisa-sisa barang logistik dari para donatur yang masih tersimpan di gudang Masjid Al Ikhlas, pada hari ini akan diberikan kepada warga terdampak angin puting beliung.

Selain Perumahan Rancaekek Permai 2, warga terdampak pun berada di Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa dan Kelurahan Rancaekek Kencana.

"Kalau ada yang mau kasiah bantuan atau apa bisa langsung ke lokasi saja," katanya.

Posko pengungsian bencana angin puting beliung  Masjid Al Ikhlas di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, ditinggalkan oleh para pengungsi.
Posko pengungsian bencana angin puting beliung Masjid Al Ikhlas di Perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, ditinggalkan oleh para pengungsi. (Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi)

Diberitakan sebelumnya, angin puting terjadi di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jumat (11/1/2019) sore.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, angin puting beliung terjadi di tiga desa, yakni Desa Jelegong, Bojongloa, dan Kelurahan Rancaekek Kencana, terjadi pada pukul 15.30.

Akibat 'amukan' angin puting beliung, atap dan asbes rumah milik warga terlihat berserakan baik di halaman rumah, jalan, dan lapangan terbuka, sehingga mengalami kerusakan.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, dari hasil pendataan BPBD jumlah rumah rusak mencapai 738 rumah, sebagian besar berada di Perumahan Rancaekek Permai 2.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved