Waspada, Bencana di Kabupaten Cirebon Tahun Ini Diprediksi Akan Didominasi Angin Puting Beliung

Berkaca pada kejadian sebelumnya, ada bencana angin puting beliung dan angin besar yang menyebabkan kerusakan rumah yang cukup banyak.

Waspada, Bencana di Kabupaten Cirebon Tahun Ini Diprediksi Akan Didominasi Angin Puting Beliung
Istimewa.
ilustrasi angin puting beliung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - BPBD Kabupaten Cirebon diprediksi akan didominasi oleh angin puting beliung di tahun 2019 ini.

Kabupaten Cirebon ada pada urutan ketujuh rawan bencana di Jawa Barat dan menempati urutan ke-180 di Inonesia. Urutan tersebut dianggap tinggi karena melebihi angka di atas 150.

Kabupaten Cirebon sendiri merupakan daerah yang dilintasi oleh 13 sungai sehingga masih rawan banjir.


Untuk menyiapkan hal tersebut, Pemkab Cirebon telah menetapkan darurat siaga bencana mulai 1 Novmeber 2018 hingga 31 Mei 2019.

"Tahun ini kelihatannya bencana di Kabupaten Cirebon diprediksi oleh angin puting beliung," ujar Kepala BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra, saat ditemui di Sumber, Cirebon, Selasa (15/1/2019).

Berkaca pada kejadian sebelumnya, ada bencana angin puting beliung dan angin besar yang menyebabkan kerusakan rumah yang cukup banyak.

"Kalau angin puting beliung kan susah diminalisirnya. Jadi kita hanya bisa waspada. Tidak seperti banjir yang bisa diminimalisir dengan peninggian tanggul," tambahnya.

Namun, menurutnya, potensi banjir dan longsor masih mungkin terjadi di Kabupaten Cirebon.

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved