2 Tersangka Mucikari Mengaku Korban dalam Kasus Prostitusi Online yang Libatkan Artis VA

ES dan TN merasa sebagai korban dalam kasus prostitusi online yang melibatkan artis VA.

surya/mohammad romadoni
Tersangka kasus prostitusi online, ES (kanan) dan TN (kiri) menceritakan terkait bisnis prostitusi yang melibatkan artis VA di ruangan Ditreskrimsus Polda Jatim, Kamis (10/1/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, SURABAYA- dua tersangka mucikari kasus prostitusi online,  ES dan TN, yang melibatkan artis VA merasa tidak terlibat kasus tindak kriminal.

Karena mengaku berniat menolong teman, ES dan TN merasa sebagai korban dalam kasus prostitusi online yang melibatkan artis VA.

"Kami ini korban, karena kami bertindak sesuai permintaan mereka. Saya berniat bantu teman," kata TN di Mapolda Jawa Timur, Kamis (10/1/2019) kemarin.

Dia berharap, dalam kasus ini, polisi bisa mengurai kasus dari hulu sampai hilir sehingga bisa mengetahui dengan utuh siapa saja yang terlibat. "Harus diketahui dari awal, biar bukan saya saja yang dihukum," ucapnya.

Sementara ES berharap, dengan mencuatnya kasus ini, dia tidak dicap sebagai mucikari.

Vanessa Angel Sudah, Cepat atau Lambat 5 Artis yang Terlibat Prostitusi Akan Dimunculkan Polisi

"Orang jangan seenaknya menghakimi saya sebagai seorang mucikari, jangan hanya melihat dari luarnya saja. Saya bukan seperti itu," ucapnya.

Sama seperti EN, selama ini dia mengaku hanya membantu teman yang butuh bantuannya. "Saya membantu teman tapi jadinya seperti ini," ujarnya.

ES mengaku tidak pernah menawarkan "job" tertentu untuk para artis namun menurutnya kebanyakan para artis yang meminta dia untuk dicarikan "user".

ES dan TN adalah 2 mucikari yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus prostitusi online yang melibatkan artis VA. Dari ponsel ES, polisi menemukan 45 nama artis yang disebut kerap memanfaatkan jasa ES.


Sementara dari TN memiliki jaringan 100 model. Dari 45 nama oknum artis, polisi mencurigai 5 oknum artis dan model yang kuat kerap bertransaksi.

Kelimanya yakni AC, TP, GS, ML, dan RF. Dalam waktu dekat polisi berjanji akan memanggil kelimanya untuk diperiksa.

Dari hasil penelusuran transaksi keuangan, polisi menemukan aktivitas transfer dari ES kepada artis VA selama 15 kali dalam periode 2017-2018.

"Kalau dari VA ke ES sebanyak 8 kali," kata Kata Direktur Resort Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jawa Timur, Kombes Akhmad Yusep Gunawan.

Kedua tersangka mucikari dijerat pasal berlapis. Selain pasal 27 ayat 1 dan pasal 45 ayat 1 tentang UU nomor 19 tahun 2016 tentang transaksi elektronik, juga dijerat pasal 296 juncto pasal 506 KUHP. (Kontributor Surabaya, Achmad Faizal)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mucikari ES dan TN Mengaku Korban dalam Kasus Prostitusi Online Libatkan Artis"

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved