Pemerintah Kota Kerahkan Alat Berat Bersihkan Sisa Benteng Roboh yang Timpa Rumah di Cimahi

Benteng yang roboh menimpa rumah ternyata menutup saluran air. Pemerintah kerahkan alat berat untuk bersihkan sisa benteng yang roboh.

Pemerintah Kota Kerahkan Alat Berat Bersihkan Sisa Benteng Roboh yang Timpa Rumah di Cimahi
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Kondisi disekitar dua rumah yang ambruk. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Lurah Karangmekar, Kota Cimahi, Muhammad Nur Efendi, menerima laporan terkait tembok bekas bangunan pabrik yang menimpa dua rumah di Gang Rangsom, RT 3/1, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, sekitar pukul 14.30 WIB.

Kejadian tersebut terjadi akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Cimahi, pada Selasa (8/1/2019) dan menyebabkan dua rumah rusak parah.

Muhammad mengatakan, setelah mendapat laporan dari warga pihaknya langsung menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi.

"Pas kami cek memang sudah roboh dan menimpa rumah dan reruntuhan benteng yang roboh juga menutupi saluran air," ujarnya saat ditemui dilokasi kejadian, Rabu (9/1/2019).

Pihak kelurahan pun langsung mengumpulkan para warga untuk bersama-sama membersihkan sisa benteng yang roboh di saluran air tersebut.

Warga tengah membereskan puing-puing tembok bekas pabrik dan puing bangunan rumah yang ambruk di Kelurahan Karangmekar, Kecamatan, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Rabu (9/1/2019).
Warga tengah membereskan puing-puing tembok bekas pabrik dan puing bangunan rumah yang ambruk di Kelurahan Karangmekar, Kecamatan, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Rabu (9/1/2019). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Pasalnya, kata dia, kalau tidak segera dibersihkan dikhawatirkan aliran air dari RW 02, 03, dan 17 akan tersendat dan meluap ke wilayah tersebut.

"Selain mengandalkan tenaga warga sekitar, kami juga telah meminjam alat berat untuk membuka saluran air itu," katanya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Emir Faisal Harahap mengatakan, pihaknya langsung melakukan asesmen kaji cepat ke lokasi kejadian bersama Pemadam Kebakaran Kota Cimahi dan Tagana untuk melakukan pemotongan pohon.

"Kemudian BPBD Kota Cimahi juga berkoordinasi dengan babinsa, babinkantibnas, RT dan RW setempat. Korban luka juga mendapat pertolongan pertama dari PMI Kota Cimahi," katanya.

Setelah digelar musyawarah yang dihadiri pemilik lahan, RW, Lurah Karangmekar dan BPBD Kota Cimahi disepakati pemilik lahan akan membersihkan reruntuhan bangunan tersebut.

Tertimpa Dinding Bekas Pabrik dan Pohon Tumbang, Dua Rumah di Cimahi Rusak Parah

Dua Pencuri Mobil Terkapar Ditembak Polisi, Mencoba Melawan Saat Akan Ditangkap

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved