Wagub Jabar Minta Polisi dan Satpol PP Awasi Mereka yang Minta Sumbangan untuk Korban Bencana

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, meminta kepolisian dan Satpol PP untuk mengawasi kegiatan tersebut.

Wagub Jabar Minta Polisi dan Satpol PP Awasi Mereka yang Minta Sumbangan untuk Korban Bencana
Tribunjabar/Theofilus Richard
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum 

Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Setelah bencana terjadi, seringkali ada organisasi yang mengatasnamakan kemanusian meminta sumbangan kepada masyarakat di pinggir jalan.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, meminta kepolisian dan Satpol PP untuk mengawasi kegiatan tersebut.

“Jangan sampai satu sisi ada bencana, satu sisi orang memanfaatkan. Kami minta kepolisian dan Satpol PP (mengawasi),” ujarnya kepada wartawan di UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Minggu (6/1/2019).

Uu mengatakan bahwa ia tidak melarang berbagai organisasi atau kelompok menggalang dana untuk membantu korban bencana.

Tetapi menurut Uu, organisasi atau kelompok yang menggalang dana sebaiknya adalah organisasi dan kelompok yang memiliki jaringan ke wilayah terdampak bencana.

Pria Tanpa Kartu Identitas Ditemukan Tergeletak Tak Bernyawa di Halaman Rumah di Talun Cirebon

Sehingga, organisasi atau kelompok yang ingin menggalang dana diimbau untuk memenuhi persyaratakan legalitas dan administrasi.

“Kami minta kepolisian dan Satpol PP, kalau ada meminta bantuan bencana, tolong ditanya legalitas formal dan keabsahan organisasi dan keamanahan personil di organisasi tersebut,” ujarnya.

Dengan cara ini, diharapkan tidak ada lagi kelompok yang memanfaatkan bencana untuk keuntungan sendiri.

Selain itu, terkait bantuan kemanusiaan, Uu juga mengimbau kepada para pengusaha untuk membantu korban bencana di Jawa Barat, semisal longsor Sukabumi.


Bantuan dari pihak pengusaha diharapkan dapat banyak membantu masyarakat dalam hal makanan, pakaian, atau membangun kembali hunian yang hancur.

“Harapan kami kepada pengusaha, tolong bantu mereka (korban bencana). CSR mereka tolong kepada mereka. Tidak apa-apa tidak berbicara ke pemerintah juga, demi kemanusian berikan mereka,” ujarnya.

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved