Dari 22 Perda yang Ditargetkan DPRD Kota Cimahi, 2 Perda Tidak Rampung pada Tahun 2018

Hingga akhir tahun para wakil rakyat itu hanya bisa menyelesaikan 20 perda sedangkan dua perda yang telah ditargetkan gagal direalisasikan.

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Anggota DPRD Kota Cimahi saat menggelar rapat Paripurna Istimewa, Rabu (2/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Pada tahun 2018, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi menargetkan bisa menyelesaikan pembuatan 22 Peraturan Daerah (Perda).

Namun, hingga akhir tahun para wakil rakyat itu hanya bisa menyelesaikan 20 perda sedangkan dua perda yang telah ditargetkan gagal direalisasikan.

Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi, Agus Solihin mengatakan, dua Perda yang belum terealisasi pada tahun 2018 itu itu karena masih dalam proses pematangan atau penggodokan.


"Ada juga beberapa materi yang belum disepakati antara sejumlah pihak. Mungkin ada beberapa yang belum pas antara kepentingan daerah dengan kepentingan pusat atau kepentingan provinsi," ujarnya usai Rapat Paripurna Istimewa di kantor DPRD Kota Cimahi, Rabu (2/1/2019).

Berkaca pada tahun lalu, dengan adanya perda yang belum rampung, kata Agus, pada tahun ini DPRD Kota Cimahi akan menurunkan target pembuatan Perda, yakni hanya 20 Perda.

Awal Tahun, Anggota DPRD Kota Cimahi Berbondong-Bondong Lakuan Kunjungan kerja

Ia mengatakan, pembuatan semua Perda itu atas inisiatif dari pihak eksekutif dan legislatif, sehingga pihaknya selalu mengutamakan aspirasi dari masyarakat dalam pembuatan Perda tersebut.

"Ada beberapa mekanisme dan tahap dalam pembuatan Perda, mulai pembahasan di Panitia Khusus (Pansus) melalui Program Legislasi Daerah (Prolegda) hingga menjadi Perda," ucapnya.

Kendati demikian, lanjutnya, semua pembuatan Perda itu tetap akan dikembalikan kepada pihak Provinsi dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kata Fadli Zon, Jargon Revolusi Mental Jokowi-JK Lenyap, Diganti Klaim Pembangunan Infrastruktur

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved