Tips dan Trik Memotret Kembang Api Saat Malam Tahun Baru Pakai Ponsel, Foto Bisa Cantik dan Tajam

Kata siapa memotret kembang api pakai ponsel enggak bisa cantik dan tajam? Ini tips dan triknya.

Bukbis Candra Ismet Bey
Kembang api mewarnai langit Kantor Pemerintah Provinsi Jabar, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (24/10/2015) malam. Atraksi kembang api tersebut menjadi puncak perayaan HUT ke 70 Jabar dengan tema Pesta Rakyat De Syukron 2015 Jabar Kahiji Jabar Bestari. 

TRIBUNJABAR.ID - Kembang api identik dengan malam tahun baru. Ketika hari berganti, yang berarti juga pergantian tahun, kembang api dinyalakan serentak.

Yang menyalakan dari mulai masyarakat hingga pihak yang memang menggelar pesta kembang api

Momen tahunan ini tentu sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa diabadikan. Banyak yang menganggap foto kembang api yang sempurna tak bisa dihasilkan dari kamera ponsel.

Dengan pengaturan yang tepat, kamera ponsel juga bisa menghasilkan foto kembang api yang cantik dan tajam.

Nah, berikut tips sederhananya seperti ditulis Kompas.com dari Sydney Morning Herald:

1. Pastikan lensa kamera bersih. Sebaiknya gunakan kain mikrofiber untuk membersihkannya, bukan tisu apalagi ujung kaus.

2. Temukan posisi yang memungkinkan ponsel tersandar secara stabil. Pada malam tahun baru, banyak orang mengabadikan gambar sambil memegang gelas minuman atau makanan.

Kondisi ini membuat ponsel kurang stabil. Kamu bisa menggunakan meja atau benda solid lainnya untuk ponselmu bersandar. Lebih baik jika kamu menggunakan tripod. Saat ini ada beragam jenis dan ukuran tripod yang bisa kamu pilih.

3. Tangan harus cekatan bergerak untuk menekan layar ketika kembang api akan meledak di atas langit. Sebelum meledak, kamu sudah harus bersiap ketika kembang api baru meluncur ke atas.

4. Tentukan sejak awal ingin mengambil gambar atau video. Pada beberapa ponsel tombol gambar dan video berbeda. Foto-foto yang dihasilkan dari pengaturan otomatis juga seringkali tidak sebagus jika kamu mengaturnya secara manual.

Halaman
12
Editor: taufik ismail
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved