Pembebasan Lahan untuk Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi di Bogor Rampung Januari 2019

Menurut Jokowi, pembangunan kedua waduk tersebut sangat penting dalam menangani persoalan banjir di Jakarta

Pembebasan Lahan untuk Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi di Bogor Rampung Januari 2019
Agus Suparto
Presiden Joko Widodo meninjau progress pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi, yang terletak di kawasan wisata Ciawi dan Puncak, Kabupaten Bogor. Jum'at (15/12/2017). Waduk ini akan membendung Hulu Sungai Ciliwung, yang salah satu tujuan dibangunnya waduk ini adalah untuk mengendalikan banjir yang sering melanda wilayah DKI Jakarta. Dalam peninjauan ini Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPERA Basuki Hadimuljono dan Menhub Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki. (Agus Suparto) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR - Pembebasan lahan untuk dua waduk di Kabupaten Bogor, Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi, diperkirakan akan rampung pada Januari 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meninjau kedua waduk tersebut melihat progres pembangunan waduk sudah berjalan dengan baik dan laporan terkini soal lahan pada Januari 2019 selesai.

"Tadi disampaikan untuk perkembangan konstruksi di Sukamahi sudah 15 persen, di Ciawi sudah 9 persen, pembebasan lahan sudah 50 persen dan Insya Allah Januari sisanya bisa diselesaikan, tinggal pembayaran," ujar Jokowi seusai menijau Waduk Sukamahi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/12/2018).

Jokowi mengaku, dalam pembangunan kedua waduk tersebut, para jajarannya tidak ada yang mengeluhkan atau menyampaikan kesulitan dalam pengerjaannya selama ini.

Menurut Jokowi, pembangunan kedua waduk tersebut sangat penting dalam menangani persoalan banjir di Jakarta, di mana persoalan hilir telah dikerjakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seperti membuat sodetan, sumur resapan dan lainnya.

"Bendungan Sukamahi dan Ciawi mengurangi Banjir Jakarta kurang lebih 30 persen. Tentu saja pelebaran Ciliwung juga masih sangat dibutuhkan, semuanya harus berjalan," papar Jokowi.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Bambang Hidayah menyatakan, daya tampung bendungan Sukamahi diperkirakan sebesar 1,6 juta m3 dan bendungan Ciawi sebesar 6,4 juta m3.

"Bendungan Sukamahi bisa mengurangi banjir ke Jakarta tergantung sudut pandangnya kalau mengurangi banjir. Kalau dari sudut pandang di Manggarai, bisa mengurangi 12 persen dari debit banjir 50 tahunan. Di sini (Sukamahi) bisa mengurangi 30 persen," ucapnya.

Editor: Ravianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved