Tsunami di Selat Sunda

Menteri Jonan Instruksikan PLN Segera Pulihkan Listrik di Wilayah Terdampak Tsunami

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menginstruksikan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Menteri Jonan Instruksikan PLN Segera Pulihkan Listrik di Wilayah Terdampak Tsunami
KOMPAS.com/Achmad Faizal
Menhub Jonan meninjau penumpang kereta di Stasiun Gubeng Surabaya 

TRIBUNJABAR.ID, - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menginstruksikan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk dapat segera memulihkan layanan listrik di wilayah terdampak tsunami Selat Sunda.

Selain itu, Jonan juga telah mengerahkan Tim Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM yang berjumlah sekitar 100 personil.

“Saya instruksikan agar 17 Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM, termasuk tim medis segera disebar ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Alat berat yang diperlukan serta penggunaannya berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas," ujar Jonan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (25/12/2018).

Jonan mengaku Tim Siaga Bencana Kementerian ESDM sudah dikirimkan ke lokasi untuk memberikan bantuan evakuasi, medis, maupun logistik.

Foto udara suasana Desa Sambolo setelah diterjang tsunami Selat Sunda Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018).
Foto udara suasana Desa Sambolo setelah diterjang tsunami Selat Sunda Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018). (Tribunnews/Jeprima)

Anita Ratnasari, Sosialita Istri Chairul Tanjung, Gunakan Harta Buat Bantu dan Didik Korban Tsunami

Untuk pemulihan listrik, Jonan meminta kerja cepat PLN, sehingga dalam waktu satu atau dua hari ke depan warga terdampak sudah dapat menikmati kembali aliran listrik.

“Kami berusaha memulihkan layanan listrik sesegera mungkin. Khusus untuk yang di pulau saya sudah minta di-backup dulu dengan genset sementara untuk listrik,” kata Jonan.

Terkait pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kebutuhan air bersih, Jonan menyampaikan secara umum penyaluran BBM tidak menemui kendala.

“Penyaluran) BBM tidak ada masalah. Untuk air bersih akan kita tinjau lagi daerah mana yang kurang, terutama wilayah Sumatera,akan kita lihat apakah perlu bantuan sumur bor sementara," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jonan Minta PLN Segera Perbaiki Listrik di Wilayah Terdampak Tsunami Selat Sunda".

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved