Tsunami di Selat Sunda

BNPB: Ada Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda yang Belum Terjangkau Tim Evakuasi Gabungan

Ada sejumlah daerah terdampak tsunami Selat Sunda yang hingga kini masih belum terjangkau oleh tim evakuasi gabungan.

BNPB: Ada Daerah Terdampak Tsunami Selat Sunda yang Belum Terjangkau Tim Evakuasi Gabungan
Tribunnews/Jeprima
Foto udara suasana Desa Sambolo setelah diterjang tsunami Selat Sunda, di Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) Sutopo Purwo Nugroho menyebut, ada sejumlah daerah terdampak tsunami Selat Sunda yang hingga kini masih belum terjangkau oleh tim evakuasi gabungan.

Daerah tersebut berada di wilayah paling ujung Kabupaten Pandeglang, Banten, yaitu Kecamatan Sumur.

Menurut Sutopo, beberapa desa di wilayah tersebut jalanannya rusak dan akses jembatan terputus karena terjangan tsunami.

"Di sini sempat akses menjadi putus sejak pertama karena banyak jalan dan jembatan yang rusak, karena terjangan tsunami juga akibat material yang dibawa tsunami," kata Sutopo di kantor BNPB, Utan Kayu, Jakarta Timur, Selasa (25/12/2018).

Foto udara suasana Desa Sambolo setelah diterjang tsunami di Selat Sunda, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018). Sejumlah bangunan tampak porak poranda setelah diterjang tsunami di Selat Sunda.
Foto udara suasana Desa Sambolo setelah diterjang tsunami di Selat Sunda, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018). Sejumlah bangunan tampak porak poranda setelah diterjang tsunami di Selat Sunda. (Tribunnews/Jeprima)

Terdapat tujuh desa di Kecamatan Sumur, mereka adalah Desa Cigorondong, Desa Kertajaya, Desa Tunggajaya, Desa Ujung Jaya, Desa Kertamukti, Desa Pulau Sebesi dan Sebuku, serta Desa Tamajaya.

Dari tujuh desa tersebut, baru Desa Tamajaya yang dapat dijangkau jalur darat. Itu pun hanya dua dusun, Dusun Panis, dan Tanjung Malay.

Saat ini, tim evakuasi masih terus bergerak untuk mencapai lokasi. Sebab, desa-desa yang belum terjangkau tersebut sangat memerlukan bantuan.

"Tim evakuasi masih melakukan pencarian (korban), mendirikan rumah sakit, lapangan di sana, menangani pengungsi (di Dusun Panis dan Tanjung Malay)," ujar Sutopo.

"Sementara 6 desa yang belum tersentuh masih memerlukan bantuan," sambungnya.

Istri Kembaran Ifan Seventeen Duduk Samping Dylan Sahara Saat Tsunami Harusnya Kita Selamat Bareng

Jumlah Korban Terus Bertambah

Halaman
12
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved