Perdana di Indonesia, Menteri Rini Resmikan BUMN Shop di Sukabumi, Ini Isinya

Di Jawa Barat sendiri, rencananya akan ada 500 BUMN Shop yang hadir di setiap Desa dan ditargetkan bisa tercapai pada Maret 2019.

Tribun Jabar/ Ferri Amiril
Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi pionir percontohan BUMN Shop yang diresmikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Sabtu (22/12/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi pionir percontohan BUMN Shop yang diresmikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Sabtu (22/12/2018).

Skema BUMN Shop merupakan kolaborasi tujuh perusahaan negara yang operasionalnya bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ketujuh BUMN itu yakni Bank BNI, Pertamina, Pupuk Indonesia, PPI, Kimia Farma, Bulog, dan Telkom.


BUMN Shop adalah layanan one-stop service di desa dengan layanan antara lain layanan perbankan, sembako, dan produk UMKM, obat-obatan, kebutuhan pulsa dan internet, penyediaan produk BBM dan LPG, hingga kebutuhan Pupuk.

Program BUMN Shop merupakan inisiasi bersama antara Kementerian BUMN dengan Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, dengan menggandeng BUMDes sebagai motor penggeraknya. Pada tahap awal, BUMN Shop telah tersedia di 15 Desa tertinggal yang ada di Sukabumi.

“Pembentukan BUMNShop ini merupakan komitmen kami dalam mendorong BUMN untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dimana BUMN berkolaborasi dengan BUMDes dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat," kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat meresmikan BUMNShop di Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, pada Sabtu (22/12/2018).

Ini Pesan Dirut PT KAI kepada Penumpang Kereta Api yang akan Menikmati Libur Natal dan Tahun Baru

BUMN Shop Desa Sukajaya adalah salah satu dari 15 outlet yang paling awal dirintis di Sukabumi. Dikelola langsung oleh BUMDes Terus Jaya Sehati, dengan dukungan Bank BNI.

Adapun BNI berperan menyediakan berbagai layanan transaksi keuangan melalui Agen46 yang telah ditanamkan dalam BUMDes yang menjadi BUMN Shop.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved