Massa Gelar Aksi Solidaritas untuk Muslim Uighur, Bawa Spanduk dan Poster Kecaman

Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Muslim Tasikmalaya turun ke jalan. Mereka menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur.

Massa Gelar Aksi Solidaritas untuk Muslim Uighur, Bawa Spanduk dan Poster Kecaman
Tribun Jabar/Isep Heri
Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Muslim Tasikmalaya menggelar aksi solidaritas untuk etnis muslim minoritas Uighur China, Jumat (21/12/2018) siang, di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Sejumlah massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Muslim Tasikmalaya menggelar aksi solidaritas untuk etnis muslim minoritas Uighur Cina, Jumat (21/12/2018) siang.

Massa yang berkumpul di depan Mesjid Agung Tasikmalaya terlihat membawa serta sejumlah poster dan spanduk berisi kecaman terhadap adanya intoleransi kepada kelompok muslim Uighur yang terjadi di Provinsi Xinjiang oleh pemerintah Cina.

Tidak hanya orang dewasa, sejumlah anak-anak juga terlihat dalam aksi tersebut.

Aksi diwarnai orasi-orasi kecaman dan tuntutan. Dalam aksi tersebut massa melakukan pembakaran terhadap bendera negara Cina sebagai bentuk kekesalan.

Selain berorasi di depan Mesjid Agung, massa juga melakukan longmarch di sejumlah jalan protokol dalam kota, mulai dari Jalan HZ Mustofa, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Sutisna Senjaya, dan kembali lagi ke Masjid Agung yang berada di Jalan Yudanegara.

Ribuan Orang Gelar Aksi Solidaritas untuk Muslim Uyghur China di Bandung, Ini 5 Tuntutannya

Selama melakukan longmarch, massa juga diseru oleh orator melalui pengeras suara untuk bersalawat dan melantunkan doa bagi warga dan kelompok muslim yang ada di Uighur.

Aksi solidaritas yang dilakukan mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian dan TNI.

Satuan polisi lalu lintas dan dinas perhubungan memberlakukan rekayasa jalur selama aksi berlangsung. Sejumlah ruas jalan yang dilintasi massa aksi sempat ditutup sementara.

Aksi tersebut berjalan damai. Setelah selesai massa berangsur membubarkan diri secara tertib.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved