Unwim Wisuda 551 Lulusan di Pusdai Jabar, Rektor Ingatkan Revolusi Industri 4.0 seperti Ledakan

Universitas Winaya Mukti (Unwim) mewisuda 551 lulusan yang terdiri dari 304 lulusan program studi S1 dan 247 lulusan untuk prodi magister

Unwim Wisuda 551 Lulusan di Pusdai Jabar, Rektor Ingatkan Revolusi Industri 4.0 seperti Ledakan
Tribun Jabar/Cipta Permana
Ratusan lulusan Universitas Winaya Mukti dari berbagai program studi menunggu prosesi pelantikan dan pengukuhan wisuda ke-41 di Aula Pusdai Jawa Barat, Jalan Dipernogoro, Kota Bandung, Kamis (20/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Univeritas Winaya Mukti menggelar sidang senat terbuka dalam rangka pelantikan dan pengukuhan wisuda ke-41  program strata satu (S1) dan magister (S2) tahun angkatan 2018.

Sidang ini digelar di Aula Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jalan Dipenogoro, Bandung, Kamis (20/12/2018).

Universitas Winaya Mukti (Unwim) mewisuda 551 lulusan yang terdiri dari 304 lulusan program studi S1 dan 247 lulusan untuk prodi magister, rumpun kompetensi pertanian, kehutanan, teknik, serta ekonomi.

Dalam sidang  bertema "Melalui Peningkatan Mutu, Unwim Siap Memasuki Era 4.0", Rektor Unwim, Ai Komariah MS mengatakan, bahwa fase perubahan dalam revolusi industri 4.0 tidak terjadi secara bertahap tapi layaknya ledakan.

Dalam upaya menghadapi kondisi itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang responsif dan dapat mengantisipasi setiap perubahan yang ada.

 Sudah Tonton Videonya, Fadli Zon Ragu Habib Bahar bin Smith yang Lakukan Pemukulan

 Komposisi Pemain Asing di Liga 1 Bisa Saja Berubah, Begini Kata Direktur PT Liga Indonesia Baru

"Revolusi Industri 4.0 merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Tuntutan perkembangan tenologi ini membawa kita semua untuk siap menghadapi disruption inovation di berbagai lini, tidak terkecuali pendidikan," ujarnya.

Pendidikan tinggi, ucapnya, wajib merumuskan kebijakan strategis dalam berbagai aspek mulai dari kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan cyber university, risbang hingga inovasi.

Sejauh ini, Unwim senantiasa meningkatkan kualitas layanan pendidikan, di antaranya pengembangan sarana dan prasarana, dan umber daya manusianya.

Hal ini sebagai jawaban dari tantangan global guna menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam level nasional maupun internasional.


"Upaya peningkatan kualitas lulusan yang kami lakukan, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan lembaga sertifikasi profesi untuk melakukan uji kompetensi. Para lulusan kami dapat melengkapi diri dengan sertifikat profesi sebagai surat keterangan pendamping ijazah untuk keperluan persyaratan memperoleh pekerjaan," ucapnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, hadir dan memberikan sambutan dalam acara itu.

Menurutnya, dalam upaya menghadapi era revolusi industri 4.0, mahasiswa dan alumni perguruan tinggi harus mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan menguasai aspek teknologi informasi dan bahasa asing, minimal bahasa Inggris.

Ia juga berharap para mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi mampu membangun jaringan, membangun kesadaran dalam beroganisasi pembelajaran.

Penulis: Cipta Permana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved