Polisi Siapkan Tim Khusus di Jalur Gentong, Antisipasi Kemacetan dan Bencana Alam

Polisi akan menyiagakan tim khusus di jalur Gentong saat arus mudik dan balik liburan Natal dan tahun baru.

Polisi Siapkan Tim Khusus di Jalur Gentong, Antisipasi Kemacetan dan Bencana Alam
isep heri/tribunjabar
Ilustrasi kemacetan di jalur Gentong, Tasikmalaya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Jajaran Polresta Tasikmalaya siap mengamankan jalur Gentong saat arus mudik-balik Natal dan tahun baru.

Kapolresta Tasikmalaya AKBP Febry Kurniawan Maruf mengatakan pihaknya telah menyiapkan tim khusus untuk mengantisipasi kemacetan dan antrean kendaraan yang biasa terjadi di jalur Gentong.

Sejumlah petugas, kata AKBP Febry Kurniawan Maruf, akan ditempatkan di sejumlah titik rawan yang ada di jalur Gentong.

"Untuk mengantisipasi kerawanan-kerawanan kemacetan maupun bencana alam di jalur Gentong, TNI Polri bekerja sama dengan Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan. Kami akan siagakan petugas di pos-pos terpadu di sana," kata AKBP Febry Kurniawan Maruf di Mapolresta Tasikmalaya, Kamis (20/12/2018).

Untuk membantu kelancaran arus kendaraan di jalur Gentong yang konturnya didominasi tanjakan dan belokan curam, kepolisian melibatkan tim ganjal.

"Tim ganjal sendiri nantinya akan disiagakan di tiap-tiap titik tanjakan dan belokan yang tajam. Mereka akan memonitor langsung kendaraan yang sekiranya bisa mogok di jalur tersebut," ucap AKBP Febry Kurniawan Maruf.

Nantinya, tim ganjal akan langsung menghampiri kendaraan yang tak kuat tersebut untuk menahan pakai alat khusus, agar tak menimbulkan kecelakaan.

“Tim ganjal nanti akan dilengkapi dengan alat khusus mengganjal ban kendaraan yang tak mampu menaiki tanjakan atau mogok di jalan,” kata AKBP Febry Kurniawan Maruf.

AKBP Febry Kurniawan Maruf menambahkan, sesuai intruksi Kementrian Perhubungan nanti akan ada pengaturan bagi kendaraan angkut seperti truk-truk besar.

"Ini upaya kami agar pengguna jalan saat mudik balik Natal dan tahun baru nanti berjalan lancar," ujar AKBP Febry Kurniawan Maruf.

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved