Mulai Besok, Merak sampai Pasuruan Akan Tersambung Jalan Tol, Tarifnya Cuma Rp 575 Ribu

Dengan demikian, Merak, Banten hingga Pasuruan, Jawa Timur akan tersambung jalur tol pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Mulai Besok, Merak sampai Pasuruan Akan Tersambung Jalan Tol, Tarifnya Cuma Rp 575 Ribu
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah kendaraan pemudik antrean panjang saat memasuki jalan tol Cipali km 42, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6/2017). H-4 jelang Lebaran 2017, sejumlah kendaraan pemudik mulai memadati Tol Cipali menuju tol Fungsional Brebes-Pemalang Jawa Tengah. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Presiden Joko WIdodo (Jokowi) akan meresmikan tujuh ruas Tol Trans Jawa, Kamis (20/12/2018).

Dengan demikian, Merak, Banten hingga Pasuruan, Jawa Timur akan tersambung jalur tol pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Besok yang akan diresmikan tujuh ruas bagian dari Merak-Pasuruan. Di Jawa Timur ada empat ruas, di Jawa Tengah ada tiga ruas," ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di Komplek UGM, Yogyakarta, Rabu (19/12/2018).

Jokowi akan mulai meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur, termasuk Wilangan-Kertosono, Ngawi-Kertosono, Gempol-Porong, dan Pasuruan-Grati.

Sementara di Jawa Tengah, ruas tol yang akan diresmikan itu masing-masing seksi Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kertasuro.

Rencananya, peresmian akan dilakukan di ikon tol Semarang-Batang, yakni di Jembatan Pelengkung Kalikuto, Weleri, Kendal.

"Jadi ada tujuh ruas kira-kira," ucap Basuki.

Setelah diresmikan, ketujuh ruas tol tersebut akan dioperasikan secara fungsional dan gratis selama Natal dan Tahun Baru. Di awal 2019, pemerintah baru akan menghitung besaran tarifnya.

"Jadi kesiapan khususnya untuk mudik Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini untuk Jawa sudah siap semua. Selain itu jalan-jalan nasional juga sudah kita (kerjakan), saya kira tidak ada masalah," pungkas Basuki.

Tarif Tol Merak-Pasuruan

Senada dengan yang disampaikan Basuki, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengatakan, Tol Trans Jawa sepanjang 901,03 kilometer (Km) dari Merak hingga Gerbang Tol (GT) Grati di Pasuruan sudah tersambung pada liburan Nataru.

Adapun total tarif Tol Trans Jawa dari ujung ke ujung sebesar Rp 575.000. Tarif ini masih sementara karena ada beberapa ruas yang masih gratis, termasuk ketujuh ruas yang akan diresmikan Jokowi.

"Total tarif dari Tol Jakarta-Cikampek sampai Pasuruan itu Rp 512.000 untuk kendaraan golongan I. Kalau dari Merak, itu sekitar Rp 575.000," kata Direktur Operasi II PT Jasa Marga, Subakti Syukur di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Editor: Ravianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved