Waspada Curah Hujan Tinggi di Indonesia, yang Tertinggi di Antaranya di Karangnunggal Tasikmalaya

Peningkatan curah hujan yang terjadi berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Waspada Curah Hujan Tinggi di Indonesia, yang Tertinggi di Antaranya di Karangnunggal Tasikmalaya
Tribun Jabar
Ilustrasi Setiap Hujan Deras Pasti Banjir 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, hal tersebut karena sebagian wilayah mengalami peningkatan curah hujan.

Peningkatan curah hujan yang terjadi berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi di sebagian besar wilayah di Indonesia, hal tersebut dipaparkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dari data BNPB, saat musim hujan ini, pada November lalu, tercatat telah terjadi 72 kejadian banjir, 74 longsor, dan 77 puting beliung dibeberapa wilayah di Indonesia, Desember pun diprakiraan sama.


Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal, curah hujan tertinggi yang tercatat selama Desember, terjadi di daerah Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, sebanyak 400 mm dalam satu hari.

"Pada November, akumulasi tertinggi curah hujan mencapai 1325 mm di lokasi yang sama (Karangnunggal)," kata Herizal dalam keterangan tertulis, Minggu (16/12/2018).

Berdasarkan data BMKG, sebanyak 62 persen wilayah Indonesia sudah dinyatakan memasuki musim hujan, relevan dengan prakiraan musim hujan yang telah diinformasikan sebelumnya.

Wilayah yang saat ini merasakan curah hujan tinggi, beberapa wilayah di antaranya, Sumatera Barat, Riau bagian tengah, Jambi bagian barat, Muko-muko, Pekanbaru, Kampar, Kerinci, Belitung, Cilacap, Semarang, Kapuas Hulu, Samarinda, Flores, Sorong, Nabire, dan Mimika.

Pascabanjir Kemarin, Rumah Warga Melong hingga Saat Ini Masih Terendam Air

Sedangkan curah hujan rendah, lanjuntnya untuk curah hujan kategori rendah dialami Sumatera Utara bagian tengah, pesisir utara Jawa Barat, DKI Jakarta, Situbondo, Banyuwangi, sebagian besar Sulawesi Tengah, Bombana, Kolaka, Ambon, Kairatu, dan Merauke.

Herizal mengatakan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang diprediksi berpotensi curah hujan tinggi, khususnya di daerah rawan banjir, yakni Sumatera, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua.

"Peta potensi banjir 10 harian yang lebih detail kini sudah disiapkan BMKG, bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Dirjen Sumber Daya Air (DJSDA-PU)," katanya.

Bazaar Dekranasda Digelar di Sabuga Kota Bandung Hari Ini, Yuk Berburu Diskon

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved