Ternyata Ini Penyebab Banjir di Melong Kota Cimahi, Ratusan Warga Jadi Korban

Banjir yang menerjang wilayah Melong di RT 02 dan 03, RW 02, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi

Ternyata Ini Penyebab Banjir di Melong Kota Cimahi, Ratusan Warga Jadi Korban
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Warga Melong tengah membersihakan rumahnya dari sisa banjir. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Banjir yang menerjang wilayah Melong di RT 02 dan 03, RW 02, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, pada Sabtu (15/12/2018), mengakibatkan air dari  Kali Cikendal meluap dan menjebol benteng kirmir pabrik baso di wilayah tersebut.

Atas hal itu, hingga Minggu (16/12/2018), air sisa banjir masih belum surut, sehingga warga harus berjibaku membersihkan air bercampur lumpur itu dan membersihkan barang-barang elektronik.

Kondisi lingkungan di RT 02 dan 03 akibat banjir itu, tampak becek dan banyak sampah yang hingga saat ini belum sempat dibersihkan warga karena mereka sibuk membersihkan rumahnya masing-masing.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Dani Bastiani, mengatakan, sebanyak 105 KK dan 420 jiwa terdampak akibat banjir tersebut.

Andi Arief Beberkan Pengakuan Perusak Baliho Demokrat: 35 Orang Dibagi 5 Regu, Dibayar Rp 150 Ribu

"Penyebabnya akibat luapan air dari Kali Cikendal dan jebolnya benteng kirmir pabrik baso," ujarnya saat dihubungi, Minggu (16/12/2018).

Penyebab banjir tersebut, diketahui setelah BPBD Kota Cimahi melakukan pengecekan ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan Damkar Kota Cimahi, Tagana, PMI, Inafis Polres Cimahi dan RT/RW setempat.


"Di lokasi kejadian, kami melakukan assessment atau kaji cepat setelah mendapat informasi dari pihak Kelurahan Melong," katanya.

Ia mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada pukul 16.00 WIB atau saat hujan deras mengguyur Kota Cimahi.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved