Breaking News:

Detik-detik Longsor di Wonosobo, Tanah Tak Mampu Tampung Debit Air

Badan Geologi PVMBG menyampaikan lonsgor di Wonosobo itu disebabkan oleh hujan deras yang turun sebelum dan saat kejadian gerakan tanah.

Editor: Ravianto
Indra Akuntono
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho Powered by Telkomsel BlackBerry® 

TRIBUNNEWS.COM - Bencana longsor terjadi di Dusun Jetis RT 02/01, Desa Pacarmulyo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (14/12/2018).

Dikutip Tribunnews.com dari laman resmi Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), www.vsi.esdm.go.id, longsor tersebut menyebabkan dua orang luka-luka, satu rumah rusak dan kerugian material yang ditaksir Rp 300 juta.

Badan Geologi PVMBG menyampaikan lonsgor di Wonosobo itu disebabkan oleh hujan deras yang turun sebelum dan saat kejadian gerakan tanah.

Lonsor juga dipicu oleh kondisi lereng yang terjal dan tanpa penahan.

(Selengkapnya laporan Badan Geologi PVMG dapat anda lihat di tautan ini)

Adapun longsor di Wonosobo itu juga terekam kamera ponsel.

Video rekaman detik-detik terjadinya longsor di Wonosobo itu diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugoroho, Sabtu (15/12/2018).

Sutopo menyatakan longsor di Desa Pacarmulyo itu disebabkan oleh curah hujan deras dan berada di bawah saluran irigasi yang tidak terawat.

Debit air yang tinggi menyebabkan tanah tidak mampu menahan debit air yang masuk di dalam tanah dan memicu longsor.

Berikut rekaman video yang diposting oleh Sutopo:

Wonosobo Diguncang Gempa Senin Malam, Mengingatkan Kembali tentang Gempa Dahsyat 1924 Silam

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved