Pemerintah Desa Kini Bisa Pakai Anggaran Tak Terduga

ketika ada desa yang tertimpa bencana sampai akses warga terputus, pemerintah desa bisa langsung menggunakan anggaran tak terduga itu

bandungbaratkab.go.id
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) KBB, Wandiana. Menurutnya, pemerintah desa bisa mengeluarkan dana tak terduga jika ada kebutuhan yang mendesak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH- Pemerintah Desa menganggarkan belanja tak terduga di APBDes pada 2019, termasuk untuk penanganan kebencanaan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) KBB, Wandiana, mengatakan kebijakan tersebut berlaku untuk seluruh desa di Indonesia.

Kebijakan itu seiring keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri yang baru dari nomor 113 tahun 2014 menjadi nomor 20 tahun 2018.

"Dalam aturan baru ini ada poin baru seperti pemerintah desa bisa mengeluarkan dana tak terduga jika ada kebutuhan yang mendesak," katanya di Ngamprah, Kamis (13/12/2018).

Ular Piton Sepanjang 6 Meter Bersarang di Dekat Rumah, Pemilik Rumah Diselamatkan Anjing Pelharaan

Sepekan Setelah Angin Puting Beliung Menerjang, Warga Bogor Selatan Masih Berbenah

Wandiana mencontohkan, ketika ada desa yang tertimpa bencana sampai akses warga terputus, pemerintah desa bisa langsung menggunakan anggaran tak terduga itu untuk penanganan akses yang terputus.

Syarat, ada persetujuan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Kami sudah sosialisasikan ke aparat desa se-Bandung Barat. Kami juga beri bimbingan teknis dalam pengelolaan keuangan desa guna meninggkatkan kapasitas SDM di desa," ujar Wandiana. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved