Selalu Kesulitan Air Bersih, Warga Kampung Garung Berharap Pemerintah Bisa Buatkan Sumur Bor

50 kepala keluarga (KK) di kampung tersebut harus memanfaatkan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) umum untuk kebutuhan sehari-hari.

Penulis: Hakim Baihaqi | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Ember-ember milik warga berjajar di depan MCK bersama di Kampung Garung, Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUMJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kampung Garung, Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, mengharapkan kepada pemerintah untuk membuat sumur bor di kampung tersebut.

Di kampung yang berada di Kaki Gunung Manglayang, tepatnya di RT 1/5 Kampung Garung, Desa Cilengkrang, setidaknya 50 kepala keluarga (KK) di kampung tersebut harus memanfaatkan fasilitas cuci kakus (MCK) umum untuk kebutuhan sehari-hari.

Fasilitas MCK umum yang dibangun oleh pemerintah pada 2009 ini, di dalamnya terdapat bak besar air berukuran 2x2 meter, yang di dalamnya terdapat air dari sumber mata air Gunung Manglayang.


Beberapa waktu lalu, warga Kampung Garung beberapa mencoba menggali sumur untuk mendapatkan pasokan air bersih, namun tidak membuahkan hasil.

Setelah berhasil menggali hingga kedalaman 100 meter, warga pun heran, karena sumur sedalam tersebut tidak pernah mengeluarkan air sama sekali, meskipun dalam kondisi diguyur hujan.

Warga Kampung Garung, Rohiman (28), mengatakan, saat musim kemarau melanda kampung tersebut, warga tidak mampu mengandalkan air dari MCK umum tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

"Waktu kemarau air didapatkan dari bantuan pemerintah pakai mobil tanki," kata Rohiman di Kampung Garung, Selasa (11/12/2018).

Pemprov Banten Lepas Seluruh di Bank BJB Saham, Nama Bank pun Akan Diganti

Tidak musim saat ini, selain mengandalkan air dari MCK umum, warga pun selalu menampung air hujan kedalam sebuah wadah, untuk kebutuhan masak dan minum

Warga lainnya, Didin (45), berharap, kepada pemerintah agar segera membantu membuat sumur bor, agar permasalahan pasokan air bersih di kampung tersebut dapat terentaskan.

"Sudah bosan juga, mau hujan atau kemarau, air susah didapatkan," katanya.

Foto Gunung Semeru Bertopi Viral di Medsos, Ternyata Fenomena Alam Biasa, Begini Penjelasannya

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved