Waspada! Hingga 16 Desember Wilayah Jawa dan Sumatera Bepotensi Diguyur Hujan Deras

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan deras itu akan mengguyur mulai Senin (10/12/2018) hingga Minggu (16/12/2018).

Waspada! Hingga 16 Desember Wilayah Jawa dan Sumatera Bepotensi Diguyur Hujan Deras
shutterstock
illustrasi hujan. 

TRIBUNJABAR.ID - Tetap waspada, hujan deras akan mengguyur sejumlah provinsi di wilayah Sumatera dan Jawa selama sepekan ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan deras itu akan mengguyur mulai Senin (10/12/2018) hingga Minggu (16/12/2018).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo mengimbau masyarakat mewaspadai dampak yang dapat disebabkan hujan deras tersebut.

"Dampak lanjutan yang dapat ditimbulkan kondisi cuaca tersebut seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," kata Mulyono dalam keterangan tertulis, Senin (10/12/2018).

Hujan Deras, Pohon Mahoni di Jalan AH Nasution Kota Tasikmalaya Pun Tumbang

Mulyono menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir, BMKG mencatat adanya pertemuan antara aliran massa udara basah dari barat Samudera Hindia dan aliran massa udara dingin dari Asia.

Hujan lebat disebabkan interaksi kedua fenomena tersebut ditambah dengan tingginya gangguan tropis berupa sirkulasi dan pertemuan angin.

"Meningkatkan potensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang khususnya di Sumatera dan Jawa," ujar Mulyono.

Ia menambahkan, wilayah Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Maluku Utara juga berpotensi hujan lebat dalam satu pekan ke depan.

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved