Jalan Ambles

Jalan di Desa Jelegong Ambles, Jalur Alternatif Kutawaringin Kabupaten Bandung ke Cimahi Terputus

Satu jalan kabupaten di Jalan Cantilan, Gunung Pancir RT 03/09 Kampung Parung Peusing, Desa Jelegong, Kecamatan Kutawaringin

Jalan di Desa Jelegong Ambles, Jalur Alternatif Kutawaringin Kabupaten Bandung ke  Cimahi Terputus
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Jalan ambles di jalur alternatif Kutawaringin-Cimahi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, KUTAWARINGIN - Satu jalan kabupaten di Jalan Cantilan, Gunung Pancir RT 03/09 Kampung Parung Peusing, Desa Jelegong, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, ambles. Akibatnya akses jalan alternatif Kutawaringin-Cimahi terputus total.

Abah Alo (65) warga setempat menuturkan, petistiwa itu terjadi Minggu (9/12/2018) sekitar pukul 13.00. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kalau pastinya enggak ada yang tahu. Tapi waktu itu memang ada suara keras, ngaguruh terus ngageblug (bergemuruh terus ambles)," ujarnya di lokasi, Senin (10/12/2018).

Menurutnya, saat itu pun warga langsung berbondong-bondong mengecek lokasi kejadian. Warga kaget karena lubangnya sangat besar di tengah jalan tersebut.

Hari Antikorupsi, Kejari Bandung Bagi-bagikan Kaus, Stiker, dan Handuk Bertuliskan Antikorupsi

"Setelah kemarin diukur, ketinggiannya mencapai 6 meter, panjangnya 10 meter dan lebarnya 5 meter. Tapi rencananya akan diurug hingga 30 meteran," tuturnya.

Abah Aalo mengatakan, kasus ini bukanlah yang pertama kali. Sekitar 3 bulan lalu juga pernah terjadi jalan ambles. Diduga terdapat aliran air tepat di bawah jalan tersebut.

"Di sini memang rawan (ambles), karena dulu sekitar tahun 70-an sampai awal tahun 80-an, kampung ini memang lokasi galian lempung milik warga. Lalu setelah itu dibuat perkampungan oleh warga," kata Abah Alo.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved