Pernah Terima Info Penyelundupan Senjata oleh Pekerja China di Media Sosial? Info Ini Hoaks!

Humas PT IMIP Morowali, Dedi Kurniawan, menegaskan bahwa unggahan yang mengabarkan adanya penyelundupan senjata api di daerah Morowali merupakan hoaks

Pernah Terima Info Penyelundupan Senjata oleh Pekerja China di Media Sosial? Info Ini Hoaks!
Kompas.com/ facebook
Hoaks penyelundupan senjata dalam kontainer yang diduga ditemukan oleh pekerja di PT Indonesia Morowali Industrial Park, Sulawesi Tengah 

TRIBUNJABAR.ID - Beberapa waktu lalu beredar sebuah post melalui media sosial yang menceritakan bahwa ada penyelundupan senjata oleh pekerja China.

Dalam pesan tersebut ditulis bahwa senjata tersebut dibawa para pekerja China menggunakan truk kontainer dan ditemukan oleh pekerja di PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Morowali, Sulawesi Tengah.

Dilansir dari Kompas.com, informasi tersebut tersebar di Facebook pada Jumat (23/11/2018). Tak hanya itu, post itu pun ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai informasi yang harus ditindaklanjuti pemerintah.


Menurut PT IMIP, kabar tersebut dipastikan bohong atau hoaks.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, informasi ini terdapat dalam post berjudul "Selangkah Lagi Indonesia Bisa Berubah Menjadi Indochina, Penyelundupan Senjata Berkontainer di Morowali".

Dalam post tersebut, dituliskan bahwa senjata api dalam jumlah yang cukup signifikan ini ditemukan oleh pekerja Indonesia yang bekerja di PT IMIP.

Kemudian, post itu juga menjelaskan sebanyak 70 persen dari 80.000 pekerja di PT IMIP ini berasal dari Tiongkok atau China. Mereka disebut sebagai pekerja non skill dan tidak bisa berbahasa Indonesia.

Ditunjukkan Foto Reino Barack & Disindir Makan Teman Lagi Hits, Syahrini: Ngaku-ngaku Jadi Teman

Adapun penempatan pekerja asal China ini yakni sebagai tenaga administrasi, bagian sampel, buruh, sampai bagian kebersihan.

Lalu, pekerja asal China itu nantinya dilatih oleh pekerja Indonesia, yang kemudian mereka diangkat menjadi mandor atau supervisor.

Halaman
123
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved